18 Incumbent di Wajo Tumbang, Paling Banyak di Pitumpanua

Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru didampingi Kepala BPMPDK Wajo, Syamsul Bahri mengamati lembar surat suara dalam pemilihan

Wajo, MC – Sebanyak 18 dari 80 incumbent (petahana) calon kepala desa yang ikut dalam Pilkades (pemilihan kepala desa) di Kabupaten Wajo tumbang dan tidak terpilih kembali untuk menduduki kursinya sebagai kepala desa.

Itu setelah para petahana ini kalah suara dalam pemilihan yang dilakukan secara serentak di 108 desa 13 kecamatan di Wajo, Kamis, 30 April 2015 kemarin.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri mengungkap hal itu kepada MEDIA CELEBES disela pelaksanaan rekapitulasi sementara hasil pemilihan yang dilakukan di Sekretariat Panitia Pemilihan Kabupaten (PPK), Kantor BPMPDK Wajo, Jl Veteran Sengkang, Jumat, 1/5 dini hari tadi.

Dia menjelaskan bahwa 18 petahana calon kepala desa ini tersebar diseluruh kecamatan, namun yang paling banyak adalah petahana yang bersaing di Kecamatan Pitumpanua.

“Itu berdasarkan rekapitulasi yang kami lakukan melalui via ponsel dari masing-masing PPKD (Panitia Pemilihan Kepala Desa), untuk data resminya akan tetap diumumkan berdasarkan jadwal tahapan Pilkades yang dipedomani sebelumnya,” ungkap Syamsul Bahri.

Tidak itu saja, mantan Camat Bola ini juga mengutarakan bahwa dalam rekapitulasi, PPK menginput data tentang jumlah suara sah, suara batal dan kartu surat suara yang tidak terpakai. Bahkan, PPK dalam rekapitulasi itu juga mencatat nama calon yang mendapat perolehan suara terbanyak dan perolehan suara terendah namun berhasil memenangkan pemilihan.

“Selain itu, PPK juga mencatat jumlah calon kepala desa dari kalangan perempuan yang berhasil terpilih dalam Pilkades ini,” terang Syamsul.

Penulis : Nur Asri