2016 ini, Pemda Alokasikan Anggaran Kesehatan Sebesar 52 Milyar

20160113_124724Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru beri arahan kepada ratusan warga Lompoloang

Wajo, MC – Pemerintah Kabupaten Wajo tahun anggaran 2016 ini mengalokasikan anggaran sebesar Rp 52 Milyar untuk bidang kesehatan.

Pengalokasian anggaran tersebut untuk mendanai beberapa program kegiatan terkait peningkatan mutu dan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Wajo, termasuk diantaranya membangun unit-unit pelayanan kesehatan desa dan kecamatan seperti Puskesmas, Pustu dan Posyandu.

“Tahun ini, pemerintah mengalokasikan anggaran kesehatan lebih besar dibanding tahun sebelumnya, anggaran itu akan dipergunakan untuk mendanai beberapa item pekerjaan, fisik dan nonfisik. Pemerintah tidak ingin ada masyarakat yang menderita sakit dan atau meninggal dunia karena terkendala kesehatan,” ujar Bupati dalam acara syukuran panen dan musyawarah tani di Desa Lompoloang kecamatan Pitumpanua, Rabu (13/1).

Begitupula dengan upaya pemerintah untuk menekan angka kematian ibu, bayi baru lahir dan balita, kembali akan digerakkan melalui program revitalisasi Posyandu. Program ini lebih terfokus akan jaminan kesehatan ibu hamil, bayi baru lahir dan balita oleh para tenaga bidan desa dan atau tenaga kesehatan yang tersebar hampir diseluruh daerah di Kabupaten Wajo.

“Angka kematian ibu dan bayi baru lahir beberapa tahun terakhir menjadi kekhawatiran, oleh itu pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan nantinya akan memaksimalkan gerakan revitalisasi Posyandu ini untuk memberikan jaminan kesehatan dan keselamatan bagi para ibu dan bayi baru lahir ini di kabupaten Wajo,” terang Bupati. (Kha)