2019, Pelabuhan Siwa Proyeksikan Pengoperasian Kapal Perintis

Kepala Syahbandar Pelabuhan Kelas III Siwa kecamatan Pitumpanua, M Arifin T

Wajo, MC – Pelabuhan Siwa kecamatan Pitumpanua kabupaten Wajo pada tahun 2019 mendatang diproyeksikan untuk pengoperasian kapal perintis. Itu setelah pelabuhan yang memiliki lokasi strategis ini mendapat legalitas resmi dari Kementerian Kelautan RI.

Kepala Syahbandar Pelabuhan Bangsalae, M Arifin T kepada MEDIACELEBES mengungkap, legalitas resmi yang diterima setara dengan pelabuhan kelas III yang terletak di kabupaten Jeneponto, yakni mempunyai sisi kedalaman min 9 meter dan dermaga sepanjang 120 meter.

“Sehingga dengan fasilitas yang tersedia, maka armada laut untuk kapal perintis sudah bisa dioperasikan dan dipergunakan oleh masyarakat”, ujar Arifin, Jumat, 27 Juli 2018.

Lanjut dijelaskan, jika wacana tersebut terlaksana, maka akan berefek positif pada gerak perekonomian masyarakat, utamanya dalam hal ketersediaan transportasi laut antar propinsi.

“Semua itu merupakan upaya yang dilakukan oleh Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru yang mendorong agar pelabuhan ini bisa menampung armada sejenis kapal perintis”, tutur Arifin.

Sekedar diketahui, saat ini pelabuhan siwa membuka dermaga untuk kapal very dan kapal cepat (viber). Namun setahun lalu kapal viber berhenti sementara pengoperasiannya karena pihak manajemen cenderung mengoperasikan armadanya di wilayah timur Indonesia yaitu Papua.

“Kita berharap armada kapal viber tersebut bisa beroperasi kembali di pelabuhan siwa agar lebih memperlancar akses laut ke kolaka dan kabupaten kolut, dan jika pada tahun depan 2019 pengusulan bupati wajo terealisi (di datangkan armada kapal perintis) maka kami dari pihak Syahbandar akan menyiapkan peralatan yang akan di gunakan nantinya”, tutur Arifin. (Sul/MC)