346 Bakal Calon Kepala Desa Ikut Seleksi dan Uji Kompetensi

“Dari Pembukaan Seleksi dan Uji Kompetensi Bakal Calon Kepala Desa di Kabupaten Wajo”
Pembukaan Seleksi dan Uji Kompetensi Bakal Calon Kepala Desa

Wajo, MC – Sebanyak 346 Bakal Calon Kepala Desa dari 108 desa di Kabupaten Wajo yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), 30 April 2015 mendatang, secara administrasi memenuhi syarat untuk ikut dalam proses pencalonan.

Itu setelah, para bakal calon ini mendapat kesempatan untuk mengikuti seleksi dan uji kompetensi yang dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan Kabupaten (PPK) di SMA 2 Sengkang, Jl Rusa, Selasa, 14/4.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo mengungkap, jumlah tersebut berkurang dari jumlah bakal calon yang sebelumnya mendaftar di Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD).

Dia menjelaskan, jumlah bakal calon yang memasukkan berkas pada tahap pendaftaran sebanyak 368 orang, namun 21 diantaranya tidak memenuhi syarat dan 1 orang meninggal dunia.

“Sehingga yang akan ikut bersaing dalam proses pencalonan kepala desa ini berjumlah 346 orang atau yang hadir pada hari ini untuk mengikuti seleksi dan uji kompetensi,” pungkas Syamsul.

Lebih jauh dijelaskan, dari jumlah bakal calon yang memenuhi syarat tersebut terdapat 80 orang diantaranya incumbent, 17 orang mantan kepala desa, 2 orang istri kepala desa dan 8 orang PNS yang sebelumnya mendapat rekomendasi dari Bupati Wajo.

“Jika dihitung dari jenis kelamin, 300 orang diantaranya berjenis kelamin laki-laki dan 46 orang perempuan atau sekitar 13 persen dari jumlah bakal calon. Jika seluruh bakal calon kepala desa dari kalangan perempuan ini terpilih, maka jumlah kepala desa berjenis kelamin perempuan di Kabupaten Wajo nantinya sebesar 46 persen,” pungkas Syamsul yang juga mantan Camat Bola ini.

Ditambahkan, pelaksanaan seleksi dan uji kompetensi yang digelar tersebut adalah bahagian tidak terpisahkan dari proses untuk menentukan minimal dua maksimal lima bakal calon yang diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) nomor 8 tahun 2015 tentang petunjuk tekhnis Pemilihan Kepala Desa.

“Pelaksanaannya melalui tes tertulis dan wawancara, ini juga menjadi bahagian untuk menguji kemampuan serta kapabilitas bakal calon yang akan ikut bersaing dalam Pilkades,” terang Ancu sapaan karib Syamsul Bahri.

Untuk diketahui, pelaksanaan seleksi dan uji kompetensi bakal calon kepala desa ini dibuka secara resmi oleh Bupati Wajo A Burhanuddin Unru yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, A Madukelleng Oddang. Hadir diantaranya, Ketua Komisi I DPRD Wajo, Sumardi Arifin bersama para Anggota DPRD Wajo, Kepala SKPD, Camat dan beberapa undangan lainnya. (adv)

Penulis : Nur Asri