371 Bakal Calon Kepala Desa Siap Mengikuti Seleksi

“Dari Sosialisasi Penyebaran Informasi Terkait Pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Wajo”

Gambar Logo Kabupaten Wajo

Wajo, MC – Sebanyak 371 bakal calon kepala desa menyatakan diri untuk mengikuti proses seleksi dan uji kompetensi yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Wajo.

Itu setelah ratusan bakal calon ini memasukkan berkas pendaftarannya kepada masing-masing Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) tiap desa.

Namun demikian, jumlah tersebut masih belum fix, Panitia Pemilihan Kabupaten (PPK) hingga saat ini masih menunggu data keseluruhan PPKD dari 108 desa 13 Kecamatan se Kabupaten Wajo yang akan mengikuti pemilihan kepala desa serentak pada 30 April 2015 mendatang.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri mengungkap hal itu kepada MEDIA CELEBES, Jumat, 3/4.

“Untuk sementara, begitu jumlah data yang diterima PPK, kemungkinan besar bertambah karena saat ini masih dalam tahap pengumpulan data dari masing-masing PPKD. Namun, bila dikaitkan dengan pelaksanaan uji kompetensi, mereka-mereka inilah yang menyatakan diri untuk ikut seleksi, meski pada tahap penelitian, verifikasi, dan klarifikasi administrasi, tidak menutup kemungkinan diantara mereka ada yang gugur,” ujar Syamsul.

Lanjut dipaparkan, seleksi dan uji kompetensi dilaksanakan setelah proses dan penetapan bakal calon yang memenuhi syarat administrasi oleh masing-masing PPKD. Pelaksanaannya pada pertengahan bulan ini tepatnya, 14-16 April 2015.

“Seleksi dan uji kompetensi menjadi bahagian dari proses penentuan jumlah minimal dua maksimal lima calon kepala desa yang diperbolehkan oleh Undang-undang untuk mengikuti pemilihan,” kata Ancu sapaan Syamsul Bahri.

Terpisah, Kepala Dinas Pencatatan Sipil dan Kependudukan Wajo, Dahniar Gaffar membeberkan jumlah warga yang mengajukan permohonan penerbitan Surat Keterangan Kewarganegaraan Indonesia (SKWI) di kantornya.

Menurut mantan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Wajo ini, jumlah permohonan yang diterima hingga saat ini sebanyak 400 lebih, maksudnya sama yakni untuk dipergunakan sebagai kelengkapan administrasi bakal calon kepala desa.

“Ini kami masih melayani permintaan SKWI dari para bakal calon kepala desa,” kata Dahniar. (adv)

Penulis : Nur Asri