Ada Sampah ?, Hubungi Nomor Layanan ini !…

Bersama warga, Lurah Sitampae (tengah) bersihkan gundukan tanah bekas galian disalah satu ruas jalan didaerahnya. (Foto : Humas Kecamatan Tempe)

Wajo, MC – Pemerintah Kecamatan Tempe resmi membuka layanan Call Centre khusus pengananan sampah dan kebersihan dikawasan kota Sengkang dan sekitarnya.

Layanan ini terbuka untuk umum melalui “call number” 081354528066 atau dengan “short message service (SMS)” setiap hari kerja. Nomor layanan itu diumumkan Camat Tempe, Andi Muh Baso Iqbal saat hadir membuka acara Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Jl Sawerigading Sengkang, Senin (9 Januari 2017) lalu.

Kepada MEDIACELEBES, Camat menjelaskan, layanan Call Centre dibuka oleh pemerintah untuk memudahkan penanganan sampah dan kebersihan dikawasan kota Sengkang. Masyarakat, kata Dia, cukup menginformasikan titik lokasi secara jelas untuk selanjutnya ditindaklanjuti oleh pemerintah dengan cara menurunkan petugas kebersihan.

Bertanggungjawab, Lurah Cempalagi (pakai celana pendek) bersama tim-nya membersihkan gundukan tanah bekas pekerjaan konstruksi didaerahnya. (Foto : Humas Kecamatan Tempe)

“Misalkan saja, didaerahnya ada sampah yang belum diangkut selama dua hari, itu bisa dilaporkan. Begitupun ketika ada sampah yang sulit untuk ditangani oleh masyarakat, bisa menginformasikannya kepada pemerintah. Kita memang sudah siapkan petugas khusus yang menangani dan menindaklanjuti laporan dari masyarakat”, ujar Baso Iqbal melalui via WhatsApp, Selasa (10 Januari 2017).

Lanjut Camat menuturkan, bahwa sekarang ini pemerintah terfokus pada gerakan kebersihan dengan harapan tercipta kondisi lingkungan yang bersih, apik, dan terbebas dari sampah. Sesumbar, ia mengungkap kinerja lurah-nya cukup baik, semua bergerak, bersinergi dan tak kenal waktu melakukan pembersihan didaerahnya masing-masing.

Yang lain boleh malu, Perwira Polisi (Kapolsek Tempe) ini patut dicontoh, ia kesampingkan rasa malu dan rela membersihkan sampah yang bertebaran dipinggir jalan. Lokasi ; pusat pertokoan kota Sengkang. (Foto : Humas Kecamatan Tempe)

“Lurah on terus, mereka aktif bergerak dan bekerja. Sekarang, masyarakat mungkin sudah bisa menilai bahwa seperti inilah kinerja pemerintah”, ungkap Camat.

Ketika ditanya efek timbal balik atas dibukanya layanan Call Centre ?, Camat mengungkap, target yang ingin dicapai dari program itu adalah bagaimana agar masyarakat berpartisipasi dan bersikap peduli terhadap kebersihan lingkungannya.

Usai menjalankan tugas, Lurah Teddaopu (pakai kaos hitam) santap malam bersama petugas kebersihan-nya. (Foto : Humas Kecamatan Tempe)

“Kita berkeyakinan bahwa sukses tidaknya sebuah program tidak terlepas dari dukungan masyarakat, oleh itu kita membuka layanan itu agar masyarakat memiliki wadah untuk berperan aktif, paling tidak masyarakat memberikan informasi kepada pemerintah terkait dengan kondisi kebersihan disekitarnya”, pungkas Camat. (SIPD)