Akbar Faizal : CPNS yang Diterima, Mau Kerja Apa ?

Wajo, MC – Anggota Komisi III Dewan Perwakil Rakyat – Republik Indonesia (DPR-RI) Akbar Faizal bertanya kepada Bupati Wajo A Burhanuddin Unru tentang kesiapan kerja para CPNS yang diterima, Senin, 29/12 kemarin.

Dia terkesan ragu akan kemampuan kerja para CPNS baru. Jangan sampai, kata legislator pusat ini, kerjanya hanya duduk dan diam lalu menunggu gaji dari negara.

“Kemarin saya dengar di Wajo diterima CPNS sebanyak 583orang, pertanyaannya kemudian, mau kerja apa CPNS ini, jangan sampai kerjanya hanya duduk dan diam. Datang jam 10, minum kopi sampai jam 11 dan kemudian ke pasar, jadi kapan waktunya untuk melayani masyarakat,” ungkap Akbar saat beri sambutan dalam acara penyerahan hasil pengadaan tanah dan Sertifikat HPI Tapak Bendung dan Acces Road Bendung Paselloreng di Ruang rapat Pimpinan Kantor Bupati Wajo, Selasa, 30/12.

Saat ini, kata Akbar, Indonesia yang paling banyak anggaran yang dihabiskan untuk membayar gaji pegawai diantara negara-negara lainnya.

Berdasarkan data dari Kementerian Aparatur Negara – Reformasi Birokrasi (Kemenpan), sekitar 60persen anggaran negara digunakan untuk membayar gaji para pegawai.

“Sehingga, anggaran untuk pembangunan hanya tersisa sekian persen, untuk itu semua harus diubah, hal itu sejalan dengan program presiden RI (Jokowi, red), reformasi mental. Pegawai harus bekerja dengan baik dan menjalankan tugas pelayanannya secara prima, bukan malah diangkat dan kemudian tidak mengurus rakyat,” terang Akbar. (aci)