Akbar Faizal Layangkan Dua Pertanyaan Kepada Calon Kapolri

IMG_4504aaFit and Propertest Calon Kapolri oleh Komisi III DPR-RI

Jakarta, MC – Anggota Komisi III DPR-RI, Akbar Faizal layangkan dua pertanyaan kepada Calon Kapolri, Komjen (Pol) M Tito Karnavian saat menjalani fit and propertest, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (23/6).

Pertanyaan yang dilayangkan kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ini menyangkut tentang kajian indeks tata kelola POLRI yang menurutnya hanya ada 5 (lima) Polda di Indonesia yang masuk dalam kategori “Baik” yakni ; Polda Jawa Barat, Aceh, Banten, Kalimantan Barat dan Jawa Tengah.

Selebihnya, kata Akbar, berkategori “Sedang” serta 2 (dua) diantaranya masuk dalam kategori “Buruk”.

“Atas nama konsep reward and punishment, bagaimana kebijakan anda (Tito, red) terhadap 2 Kapolda yang menduduki peringkat terburuk berdasarkan Indeks Tata Kelola Polri ?”, tanya Akbar kepada Tito.

IMG_86611Anggota Komisi III DPR-RI, Akbar Faizal

Pertanyaan kedua yang dilayangkan oleh legislator asal Sulsel ini menyangkut tentang profesionalisme Polri, khususnya progress penegakan hukum yang berpihak pada norma keadilan.

Menurut Akbar, belakangan muncul kerinduan masyarakat terhadap keberpihakan aparat Kepolisian yang tidak timpang sebelah dalam penegakan hukum di Indonesia.

“Dalam hal ini, diakui atau tidak, ada jejaring modal yang menguasai jejaring hukum kita. Bagaimana posisi anda dalam konteks profesionalisme tadi, menyangkut jejaring modal di dalam jejaring hukum kita termasuk di Kepolisian ?”, ujar Akbar dengan mimik serius.

Sebelumnya, Komjen Pol, M Tito Karnavian memaparkan visi dan misinya selama hampir 30 menit, Ia juga menyampaikan beberapa program prioritas yang pendekatannya lebih pada penanganan situasi keamanan dalam negeri, tuntutan masyarakat serta sentilan terhadap program Kapolri sebelumnya.

Fit and proper test ditutup dengan penandatanganan pakta integritas oleh Komjen Tito dan Komisi III menerima secara bulat menerima pencalonan Komjen Tito sebagai Kapolri. (Diolah dari sumber data MEDIACELEBES)