Akbar Faizal : Legal Standing Sudirman Said Diterima

Akbar Faisal1Anggota DPR-RI, Akbar Faizal

Jakarta, MC – Majelis Kehormatan Dewan (MKD) akhirnya menyatakan laporan dari Menteri ESDM Sudirman Said bisa diterima. Keputusan ini keluar setelah MKD mendatangkan pakar sosiolinguistik dari Badan Kementerian Pendidikan dan Kebudayan Dr. Yayah Bachria Mugnisjah L. Dengan demikian proses sidang MKD akan berlanjut pada tahapan berikutnya.

“Legal standing si pelapor yang dalam hal ini Sudirman Said, diterima. Artinya proses lanjut,” tegas Akbar Faizal yang mengikuti sidang MKD untuk pertama kalinya, Selasa (24/11).

Akbar membenarkan dirinya mendapat tugas baru dari NasDem di MKD. Akbar menggantikan Fadholi di MKD dan baru mengetahui mendapat tugas pergantian tersebut hari ini.

Akbar menjelaskan, persidangan MKD akan dimulai pada Senin (30/11) mendatang. Sidan akan dimulai dengan sidang pleno untuk memutuskan agenda-agenda persidangan. Pola sidang yang akan digunakan MKD nanti adalah buka-tutup.

“Artinya, disesuaikan dengan situasi yang berkembang dalam sidang,” imbuh politikus asal Wajo yang dikabarkan akan maju dalam Pilgub Sulsel mendatang ini.

Akbar menyatakan komitmennya dalam melaksanakan tugasnya di MKD. NasDem, lanjut Akbar, akan fokus pada wilayah substantif, bukan teknis. “NasDem akan menegakkan etika, menyelamatkan marwah DPR. Kita akan menjaga kehormatan seluruh anggota dewan,” imbuhnya.

Menurut Akbar, ada risiko bagi mereka yang melanggar tata aturan di DPR. Itulah mengapa seorang anggota dewan harus berperilaku sebagai seorang negarawan. “MKD juga tengah diuji apakah bisa mengembalikan marwah DPR atau tidak,” tambahnya.

MKD memang tengah dalam sorotan publik karena sedang mengusut dugaan pelanggaran etika oleh Ketua DPR Setya Novanto. Penempatan Akbar di MKD menunjukkan keseriusan Fraksi NasDem untuk menambah kekuatan alat kelengkapan Dewan tersebut. (Sumber : Fraksi NasDem DPR-RI)