Amankan Aset Desa, Pemda Wajo Kumpul Sekretaris Desa

Para Sekretaris Desa saat mengikuti kegiatan pembinaan tekhnis pengelolaan aset desa (Foto : Dinas PMD)

Wajo, MC – Pemerintah daerah kabupaten Wajo dalam hal Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) menggelar kegiatan pembinaan tekhnis pengelolaan aset desa bagi para sekretaris desa se kabupaten Wajo.

Kegiatan ini digelar sehari di Aula Pertemuan Kantor Dinas PMD Wajo, Jl Veteran Sengkang, Sabtu (4 Maret 2017) lalu.
Kepala Dinas PMD, Syamsul Bahri mengungkap kegiatan pembinaan bertujuan untuk mewujudkan sistem pengadministrasian yang tertib, jelas dan terbuka terkait dengan pengelolaan dan pengamanan aset desa.

Pengelolaan dan pengamanan yang dimaksud berupa inventarisasi aset yang dimiliki desa secara administratif maupun secara fisik.
Sejauh ini, kata Dia, pemerintah desa belum pernah melakukan pendataan dan melakukan pencatatan atas aset – aset desa.

“Oleh alasan itu sehingga pemerintah daerah melakukan pembinaan secara tekhnis, dengan harapan kedepan para sekdes melakukan inventarisasi dan pencatatan. Setelah itu barulah kemudian aset desa dilegalisasikan melalui peraturan desa (Perdes)”, ujar Syamsul Bahri.

Terkait dengan legalitas aset-aset tertentu, Bahri mengisyaratkan pemerintah desa untuk melakukan penertiban secara bertahap dan melengkapinya dengan dokumen-dokumen pendukung.

Sementara itu, Kepala Seksi Keuangan dan Aset Desa, Sarifa mengurai dalam proses pengadministrasian, aset desa diklasifikasikan menjadi ;

I. KIB A : Tanah
II. KIB B : Gedung / Bangunan
III. KIB C : Peralatan dan Mesin
IV. KIB D : Jalan, Jaringan dan Irigasi
V. KIB E : Aset Tetap Lainnya

“Inventarisasi dan pengamanan aset desa ini diamanahkan dalam Permendagri Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa”, jelas Sarifa. (SIPD/K)