Amankan Pilkades, Polres Wajo Kerahkan Pasukan

“Dari Kegiatan Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades di Kabupaten Wajo”

Dari kiri : Bupati Wajo, Walikota Palopo, Kapolres Wajo dan Wakil Bupati Wajo

Wajo, MC – Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Wajo, AKBP Muhammad Guntur mengerahkan pasukannya untuk turun mengawal dan melakukan pengamanan dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan dilaksanakan besok (Kamis, 30/4).

Mantan Kapolres Palopo ini mengaku pengerahan personil ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya konflik ditengah masyarakat yang sedang mengikuti pemilihan. Guntur mengurai pelepasan pasukan itu dilakukan usai gelar pasukan pengamanan Pilkades serentak di Makopolres Wajo pagi tadi, 29/4.

“Tadi kami sudah melaksanakan gelar pasukan dan dilanjutkan dengan serpas pasukan ke desa-desa,” ungkap Guntur melalui via ponselnya kepada MEDIA CELEBES, Rabu, 29/4.

Ditambahkan, pengerahan personil kepolisian pada Pilkades serentak ini lebih pada daerah-daerah yang dianggap rawan. Itu dilakukan untuk meredam konflik yang bisa saja terjadi dalam proses pemilihan dengan kemampuan pasukan yang dimiliki Polres Wajo.

Di Wajo, sambungnya, terdapat beberapa daerah yang dianggap rawan. Info itu diperoleh dari informasi masyarakat maupun investigasi langsung aparat kepolisian masing-masing Polsek.

“Jadi untuk bisa mengamankan seluruh wilayah dengan kemampuan personil yang ada, Polres memprioritaskan daerah-daerah yang dianggap rawan,” ujar Guntur.

Lebih jauh, pengganti AKBP Masrur ini mengutarakan bahwa selain mempersiapkan personilnya di Wajo, pihaknya juga mempersiapkan pasukan Brigadir Mobil (Brimob) untuk turun melakukan pengamanan di Wajo.

Selain itu, Guntur juga mengaku telah menjalin komunikasi dengan jajaran TNI Kodim 1406 Wajo dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk bersama mengawal Pilkades.

“Itu semua dilakukan agar pesta demokrasi di 108 desa 13 kecamatan di Wajo ini bisa terlaksana dengan aman, tertib, lancar dan tetap dalam suasan kondusif serta terhindar dari konflik,” tegas Guntur.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri menuturkan bahwa pihak pemerintah daerah dalam hal ini berharap penuh kepada aparat kepolisian, TNI dan Satpol PP untuk melakukan tindakan pengamanan bila terjadi hal-hal yang memicu kondisi.

Dia menilai, gelar pasukan pengamanan Pilkades serentak yang dilaksanakan di Makopolres Wajo adalah bentuk konsistensi kepolisian untuk melakukan pengamanan Pilkades.

Dia juga mengulas perbincangannya dengan Kapolres Wajo yang mengimbau agar Pilkades ini terlaksana dengan baik melalui antisipasi permasalahan sedini mungkin.

“Tadi beliau mengungkap bahwa Pilkades ini jangan dianggap remeh, pengamanan daerah harus tetap dilaksanakan untuk menjaga hal-hal yang bisa memicu konflik,” terang Ancu sapaan Syamsul Bahri. (adv)

Penulis : Nur Asri