Angin Puting Beliung Hantam Tiga Desa di Pammana

Ilustrasi : Angin Puting Beliung

Wajo, MC – Angin puting beliung menghantam dan merusak 24 rumah warga dari 3 desa di Kecamatan Pammana, Kamis, 26/3 siang tadi.

Dari tiga desa yang dihantam puting beliung, desa simpursia teridentifikasi paling parah yakni sebanyak 21 rumah, menyusul desa patila 2 rumah dan desa lempa 1 rumah.

Selain merusak rumah warga, angin kencang disertai hujan lebat tersebut juga menumbangkan 14 tiang listrik dan pohon pelindung dipinggir jalan. Kejadian itu bermula sekitar pukul 14.00 Wita Siang tadi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo, Alamsyah HN mengungkap bahwa musibah itu terjadi secara tiba-tiba.

Peristiwa itu tidak hanya merusak rumah warga dan menumbangkan tiang listrik, namun seorang warga terpaksa harus dilarikan kerumah sakit karena tersambar petir dan penangangan terhadap salah seorang anak yang terjepit pohon tumbang.

Sejauh ini, kata Alamsyah, pemerintah kabupaten Wajo melalui BPBD melakukan inventarisasi kerusakan, mendata jumlah korban dan meminta kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) agar segera melakukan pemulihan aliran listrik.

“BPBD juga membagikan terpal kepada para korban untuk menutup barang-barang yang bisa terselamatkan. Sedang untuk penanganan selanjutnya, pemerintah menunggu proses inventarisasi dan pengumpulan data korban yang terkena dampak musibah ini,” terang Alamsyah.

Penulis : Arlin Sujarli