Angin Tornado Sisir Danau Tempe, Warga Panik

Wajo, MC – Angin tornado membentuk pasak menjulang kelangit menyisir kawasan danau tempe sebelah barat kota Sengkang kabupaten Wajo, Selasa, 27/2.

Kejadian itu sempat membuat warga panik karena berlangsung lama menyisir pesisir danau tempe dari arah utara menuju selatan sekitar hampir setengah jam lamanya.

Terlihat dari tempat ketinggian, pasak awan kelam menjulang menusuk ke danau. Dipangkalnya pusaran semakin membesar sedangkan diujungnya terlihat percikan air tampak terhisap naik kedalam corong awan.

Kejadian itu berawal sekitar pukul 16.15 wita dan buyar setelah hujan deras mengguyur sekitar pukul 16.48 wita.

Terpisah, beberapa titik lainnya seperti dikawasan sebelah timur kota Sengkang, warga mengalami hujan batu es sekitar 20 menit lamanya.

Salah seorang warga mengungkap dirinya sempat memungut batu es dihalaman rumahnya.

“Saya sempat memungut batu es saat hujan deras,  kami merasa khawatir karena kejadian itu baru pertama kali kami alami”, ungkap warga yang diketahui bernama Ani ini.

Kepala Badan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Wajo Alamayah HN melalui keterangan resminya mengungkap sesaat sebelumnya disaksikan oleh seluruh masyarakat Wajo sebuah fenomena alam berupa angin tornado disertai dengan hujan deras dan batu es.

Menurutnya kejadian itu menghebohkan dan membuat panik warga.

“Bersyukur karena kejadian berupa angin tornado itu tidak berada dipermukiman warga sehingga dampaknya tidak signifikan terhadap masyarakat”, ungkapnya.

Untuk diketahui, seperti dikutip dari situs wikipedia.com tornado adalah kolom udara yang berputar kencang yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah.

Tornado muncul dalam banyak ukuran namun umumnya berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas yang ujungnya yang menyentuh bumi menyempit dan sering dikelilingi oleh awan yang membawa puing-puing. (MC)