Awas, Jangan Pilih Caleg Karena Uang-nya

Wajo, MC – Ajakan untuk tidak memilih calon legislatif karena pemberian uang di-serukan oleh Amshar A Timbang yang juga adalah pemerhati politik di Wajo.

Mantan Ketua Pemuda Pancasila (PP) Wajo ini menyerukan ajakan itu kepada pemilih dengan harapan, pemilu legislatif (Pilleg) yang diselenggarakan 9 April 2014 mendatang melahir-kan Caleg yang berkualitas dan konsisten memperjuangkan aspirasi masyarakat.
“Saya tekan-kan ajakan itu karena ingin melihat demokrasi di daerah kita ini bermartabat dan tidak terselenggara karena kekuatan finansial Caleg,” kata Amshar, di Sengkang, baru-baru ini.
Dikatakan, legislator sejati-nya adalah perwakilan suara masyarakat ditingkat DPR – DPRD, sehingga, untuk menciptakan legislator yang berkualitas, masyarakat diminta untuk selektif memilih. Tidak asal memilih hanya karena di-iming-imingi sesuatu.

“Jangan sampai karena uang-nya, dibelakang hari bila kandidat caleg itu terpilih, bisa jadi malas turun berbaur ditengah masyarakat, takut bertemu dengan konstituen-nya, terkesan jaga wibawa dan bahkan ber-sembunyi bila pendukung-nya hendak menemui-nya,” terang Amshar.

Rumus-nya sederhana, lanjut-nya, cost politik yang harus disiapkan setiap calon bisa ratusan dan bahkan capai milyaran. Sehingga bila kandidat itu terpilih maka bisa saja berusaha kembalikan cost politik-nya itu melalui kursi jabatan yang diembang-nya.

“Bila itu terjadi, imbasnya pasti akan seperti yang diungkap tadi, legislator-nya malas, takut dan bahkan bersembunyi jika pendukung-nya hendak menemui,” ulang Amshar.

Lebih jauh diungkap, Pilleg adalah momentum dimana masyarakat di-uji untuk memilih kandidat yang mengandalkan uang saja, melainkan sebuah arena dimana pemilih dituntut memilih kandidat yang berpotensi, berwawasan luas dan memiliki basic kepedulian tanpa pamrih.

“Untuk itu, secara pribadi saya mengajak masyarakat untuk lebih jauh menelaah, seperti apa caleg yang akan dipilih-nya nanti. Jangan sampai, setelah terpilih caleg yang didukung-nya hilang tak kelihatan lagi batang hidung-nya,” pungkas kandidat Caleg Partai Nasdem no urut 6 Dapil I Tempe ini.(aci)