Bakal Cabup di Soppeng, Lutfi Bahas Pertanian di Wajo

Wajo, MC – Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Propinsi Sulsel Lutfi Halide yang disebut-sebut akan maju dalam Pemilukada Soppeng tahun 2015 mendatang tidak hanya intens melakukan pencitraan di daerah yang akan ditempatinya bersaing. Namun, didaerah lain, besan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo ini pun sibuk melakukan pencitraan.

Seperti yang dilakukannya dalam acara panen raya padi, di Kelurahan Dua Limpoe, Kecamatan Maniangpajo-Kabupaten Wajo, Jumat, 19/9 kemarin. Lutfi dengan semangatnya memaparkan potensi dan keberhasilan pertanian selama dirinya menahkodai Dinas Pertanian Sulsel.

Lutfi bahkan mengungkap bahwa pertumbuhan produksi pertanian di Sulsel jauh lebih meningkat dibanding pertumbuhan produksi secara nasional.

“Berdasarkan data BPS rilis ramalan 1, pertumbuhan produksi pertanian secara nasional turun sekitar 1,98 persen. Capaian itu, malah berbanding terbalik dengan pencapaian petani di Sulsel yang justru meningkat menjadi 8 persen. Itu artinya, rata-rata angka ramalan ini, Sulsel berada diangka aman soal ketersediaan pangan,” ucap Lutfi.

Ditambahkan, selama menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian, sudah banyak daerah yang diberikan bantuan pertanian.

“Sedang untuk tahun ini, anggaran yang dikelola oleh Dinas pertanian Sulsel sebanyak Rp 3 Trilyun. Anggaran itu nantinya akan disalurkan kepada para kelompok-kelompok tani penerima bantuan, termasuk pertanian juga telah mengundang pabrikan untuk menyediakan menyediakan peralatan modern”, kata Lutfi.

Untuk diketahui, acara panen raya padi tersebut adalah rangkaian kunjungan Komandan Resort Militer (Danrem) 141 Toddopuli, Purnomo Sidi. Hadir bersama Lutfi diantaranya Bupati dan Wakil Bupati Wajo A Burhanuddin Unru – A Syahrir Kube Dauda berikut Jajaran Muspida Wajo dan beberapa Kepala SKPD Kabupaten Wajo.

(Penulis : Nur Asri, SH)