Baso Iqbal Tekankan Perangkat Desa Melek IT, Syamsul Bahri “Sependapat”

Ketua KNPI Wajo Camat Penrang, Andi Muh Baso Iqbal B

Wajo, MC – Camat Penrang, Andi Muh Baso Iqbal B menekankan perangkat desa dalam lingkup pemerintahannya untuk bersikap melek terhadap perkembangan jaman, khususnya berkaitan dengan penggunaan peralatan canggih berbasis tekhnologi dan informasi (IT).

Minimal, kata Camat, perangkat desa bisa mengoperasikan komputer/laptop, mengakses internet, dan atau menjalankan aplikasi perkantoran untuk memudahkan proses pengadministrasian dan tugas pelayanan di kantor desa.

“Ini menjadi penekanan kami terhadap perangkat desa, mulai dari sekretaris desa hingga kepala dusun sekalipun. Aparat pemerintah desa harus mengenal, mengetahui, dan mengoperasikan komputer, mengakses internet dan atau berbagai kebutuhan lainnya yang berkaitan dengan IT,” ujar Camat di Kantor Bupati Wajo, Senin 9/5.

Dijelaskan, pengoperasian peralatan komputer oleh perangkat desa harus lebih dibanding kepala desa, terlebih dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat, kebutuhan perangkat desa terhadap penggunaan peralatan canggih ini lebih memungkinkan dibanding kepala desa.

Menurutnya, kepala desa tidak harus menguasai dan mengoperasikan komputer seperti halnya perangkat desa, cukup pejabat kepala desa memenej dan menjadi top leader ditingkatan pemerintahannya.

“Yang harus tahu disini adalah perangkat desa, sebab komponen inilah yang secara langsung mengolah, mem-proses dan melaksanakan pekerjaan administrasi perkantoran di desa, bukan kepala desa. Penjabat kepala desa selaku top leader cukup mengarahkan saja, tidak perlu repot dihadapan komputer atau laptop,” tutur Baso yang juga mantan Ketua KNPI Wajo ini.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa/Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri beri tanggapan positif dan mengapresiasi penekanan tersebut sebagai bentuk pembinaan dan pengawalan terhadap pelaksanaan pemerintahan desa oleh pemerintah kecamatan.

Mantan Camat Bola yang akrab disapa Ancu ini bahkan mengaku sependapat bilamana Camat menekankan perangkat desa untuk melek tekhnologi dan perkembangan informasi. Sebab, pengenalan, penguasaan dan pengoperasian komputer dan akses internet oleh perangkat desa mendukung penuh pelaksanaan pemerintahan ditingkat desa.

“Lebih penting lagi, penggunaan peralatan canggih ini memudahkan tugas pelayanan kepada masyarakat oleh pejabat kepala desa dan perangkat desa,” terang Ancu. (SIPD/K)