Berbagi Cerita Tentang Dr Baso Rahmanuddin

Kepala Dinas Kesehatan Wajo, Dr Baso Rahmanuddin (Foto : MC)

Dr. H. Baso Rahmanuddin, MM., M.Kes, demikian nama lengkap berikut gelar yang disandang oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo. Putra tujuh bersaudara pasangan (Alm) Makkaraka Aco dan Besse Nur ini lahir di Kabupaten Wajo pada tanggal 1 Juni 1972, atau bertepatan dengan peringatan Hari Lahir PANCASILA.

Sebelum menduduki jabatan struktural eselon II lingkup pemerintah kabupaten Wajo (Kadis Kesehatan Wajo, red), Dr Baso (sapaan akrab) mengawali karir birokrasinya sebagai Kepala Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) Tosora selama 3 tahun, baru pindah ke Puskesmas Majauleng (3 tahun), dan kemudian Puskesmas Pattirosompe Kecamatan Tempe kurang lebih 3 tahun.

Selama itu, Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar ini banyak berhadapan, melayani dan menangani secara langsung kesehatan masyarakat desa dan kelurahan.

Sembari bertugas, anak menantu pasangan Andi Burhanuddin Unru (Bupati Wajo) dan Hj Andi Faikah Burhanuddin ini kembali melanjutkan pendidikan dan berhasil meraih gelar magisternya di UNHAS jurusan Administrasi Kebijakan Kesehatan, ia diwisuda pada tahun 2012. Tak cukup dengan itu, ia juga meraih gelar magister manajemen di Univertitas Indonesia Timur (UIT) Makassar pada tahun 2015.

Selang beberapa tahun bertugas sebagai Kepala Puskesmas, pada tanggal 2 April 2009, Dr Baso mendapat kepercayaan dan diangkat menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lamaddukkelleng.

Selama menjabat, ia banyak melakukan perubahan, baik perubahan sistem pelayanan dan penanganan pasien, ketersediaan fasilitas dan tenaga kesehatan (perekrutan perawat dan dokter ahli), perubahan sistem kepegawaian (intern dan ekstern), maupun perubahan wajah rumah sakit secara total.

Alhasil, dari gerak perubahan itulah sehingga rumah sakit yang dibinanya dinobatkan sebagai RSUD Type C pertama di Indonesia yang menerapkan sistem online melalui program E-Billing Hospital Integrated BRI 24 Jam. Dengan itupula sehingga RSUD Lamaddukelleng menjadi tempat studi banding bagi 12 RSUD kabupaten/kota lainnya dari sulsel, maluku dan kalimantan.

Berbekal pengalaman dalam hal pelayanan publik, pelaksanaan dan penataan sistem, aktif terjun dan terlibat langsung dalam keorganisasian, serta beberapa kelebihan yang dimiliki, akhirnya pemerintah daerah mengangkat Dr Baso Rahmanuddin untuk menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo. Ia diangkat dan dilantik secara resmi oleh Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru pada tanggal 5 Mei 2014 lalu hingga sekarang.

Ditempat itupun Dr Baso berhasil membawa perubahan dan menderet sejumlah prestasi tingkat propinsi dan nasional, termasuk diantaranya ; penghargaan atas Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat tahun 2015 (Swastisaba Wistara) oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Menteri Kesehatan RI. (Sul/MC)

Curiculum Vitae :

Data Diri :

* Nama Lengkap : Dr. H. Baso Rahmanuddin, MM., M.Kes
* Tempat/Tangal Lahir : Kabupaten Wajo, 1 Juni 1972
* Agama : Islam
* Status : Kawin
– Nama Istri : Andi Hidayati Burhanuddin, SE
– Anak :
1. Andi Muhammad Raghib
2. Andi Raisyah Putri Rahman
3. Andi Muhammad Rifat
* Hobbi/Kegemaran : Olahraga
* Alamat : Jl Nusa Indah No 40 Sengkang

Pendidikan :

* SD : SD Atapange – Kecamatan Majauleng (Tahun 1985)
* SMP : SMP Atapange – Kecamatan Majauleng (Tahun 1988)
* SMA : SMA Ujung Pandang – Makassar (Tahun 1991)
* Fakultas Kedokteran UNHAS Makassar (Dokter Umum) – S1 (Tahun 1997)
* Profesi Dokter Umum UNHAS Makassar – (Tahun 1999)
* Fakultas Kesehatan Masyarakat UNHAS Makassar (Adm Kebijakan Kesehatan) – S 2 (Tahun 2012)
* UIT Makassar (Manajemen SDM) – S 2 (Tahun 2015) Fakultas

Jabatan/Pekerjaan :

* Kepala Puskesmas Tosora Kecamatan Majauleng : (Tahun 2000 – 2003)
* Kepala Puskesmas Majauleng Kecamatan Majauleng : (Tahun 2003 – 2006)
* Kepala Puskesmas Pattirosompe Kecamatan Tempe : (Tahun 2006 – 2009)
* Direktur RSUD Lamaddukkelleng : (Tahun 2009 – 2014)
* Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo : (Tahun 2014 – Sekarang)

Riwayat Organisasi :

* Ketua KNPI Kabupaten Wajo
* Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) KNPI Kabupaten Wajo
* Wakil Ketua KOSGORO Kabupaten Wajo
* Wakil Ketua MKGR Kabupaten Wajo
* Ketua Karang Taruna Kabupaten Wajo
* Wakil Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wajo
* Bendahara KAHMI Kabupaten Wajo

Sumber Data : Dinas Kesehatan Kab Wajo