Bergurau, Wagub Lantik Bupati Wajo Sebagai, “Ketua Ikatan Suami, Istri Anak Kyai”

Agus_Arifin_Nu'mangWakil Gubernur Sulsel, Ir Agus Arifin Nu’mang

Wajo, MC – Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru mengaku jika dirinya dan Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang punya kesamaan, yakni ; sama-sama dilahirkan sebagai anak Tentara (TNI, red) dan sama-sama punya istri anak kyai.

“Meski tidak seumuran, Wagub lebih muda dari saya, tapi kalau disandingkan, kelihatan saya lebih muda dari Wagub,” ujar Bupati dengan nada gurau dalam acara silaturahmi Wagub dengan para kepala SKPD, Camat, Kepala Desa dan Lurah se Kabupaten Wajo, di Baruga Wecudai Kompleks Rujab Bupati, Sabtu (27/2).

“Coba lihat rambutnya pak Wagub, sudah banyak yang putih (ubanan, red), kalau rambut saya, coba dilihat masih hitam. Itu menandakan bahwa saya lebih muda dari Wagub, meski umur saya lebih tua dari beliau,” tutur Bupati menambahkan.

Lanjut, Bupati dua periode di Wajo ini mengisahkan.

“Tadi dimobil, saat pulang dari warkop (warung kopi,red), Saya ceritakan kepada Wagub, kalau sekarang ini rutin cek kesehatan dan periksa darah, itu untuk menunjang kesehatan agar tetap sehat menjalankan tugas. Tapi, saya juga selipkan kepada Wagub, kalau menjadi seorang pejabat sangat susah melirik kanan-kiri, apalagi kalau istri seorang anak kyai. Mungkin karena itu sehingga saya rutin cek darah, sampe-sampe kadang melakukan donor sampe tiga kantong, karena tidak pernah melirik-lirik lagi. Terus saya bilang juga sama Wagub, itu resiko menjadi pejabat publik, harus memberi contoh yang baik kepada masyarakat, termasuk salah satu-nya tidak boleh melirik kanan dan kiri,” papar suami dari Ibu Hj A Faikah Burhanuddin ini.

Sementara itu, giliran Wagub bernostalgia dan mengisahkan pengalamannya bersama Bupati Wajo saat bergerilya mencari dukungan waktu akan maju dalam Pilgub 2013 lalu bersama Syahrul Yasin Limpo (Gubernur Sulsel).

“Saya pernah begadang sampe malam bersama Andi Bur (sapaan Bupati Wajo) melakukan gerilya. Kala itu selisih suara sekitar 0,8 persen dalam Pilgub, sampe-sampe kami berdua keliling pelosok mencari dukungan hingga pagi hari demi untuk sebuah kemenangan, dan itu berhasil terwujudkan,” pungkas Wagub.

Lanjut, suami dari Ibu Hj Majdah Agus ini menuturkan kepada Bupati Wajo kalau sebenar-nya menjadi pejabat publik memang tidak ada lagi waktu untuk melirik kanan-kiri seperti yang dimaksud, terlebih masing-masing sudah punya istri dirumah, anak kyai lagi.

“Agar kita-kita ini tidak melirik, saya sarankan kepada Bupati agar segera membentuk lembaga yang nama-nya “Ikatan Suami, Istri Anak Kyai”. Bupati Wajo yang jadi ketua dan saya wakil-nya,” ulas Wagub disertai gelak tawa undangan yang hadir saat itu.

“Ya begitu memang seharusnya, bentuk lembaga agar kita tidak terjerumus. Jangan sampai kasusnya seperti Syaiful Jamil, aduuuh bagaimana?!. itu mungkin penyebab-nya sehingga Dewi Persik minta pisah dari Syaiful Jamil,” ujar Wagub menambah riuh tempat acara. (aci)