Beri Keterangan/Dokumen Palsu, Ancaman Pidana Menunggu

Wajo, MC – Tekait dengan masih ada-nya beberapa Caleg (Calon Legislatif) yang belum melengkapi proses pemberkasan, Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kabupaten Wajo ancam proses pidana-kan.

Panwaslu melalui Divisi Umum-nya, A Bau Mallarangeng menyebut, proses pidana ditempuh karena yang bersangkutan (Caleg) terindikasi untuk sementara melanggar ketentuan Pasal 298 UU No 8 Tahun 2012 karena memberikan keterangan palsu dan dokumen palsu.

“Panwas akan pidanakan Caleg yang bersangkutan karena melanggar pasal 298 UU no 8 tahun 2012 (memberi keterangan palsu dan dokumen palsu),” kata Bau Mallarangeng melalui Via Ponsel-nya, Sabtu, 15/2.

Dijelaskan, dan hingga berita ini diturunkan, Caleg yang ternyata adalah empat Kepala Desa belum memberikan klarifikasi. Padahal, Panwaslu telah mengirimkan surat panggilan klarifikasi kepada yang bersangkutan.

“Ada info, Senin besok, mereka akan memenuhi surat panggilan klarifikasi, ya kita lihat saja perkembangan-nya. Jelas-nya, sepanjang belum ada jawaban, maka Caleg tersebut tetap terindikasi melanggar ketentuan dan bisa saja di-pidanakan,” tandas Bau Mallarangeng. (aci)