Berikut Agenda Kunjungan Menteri Agama RI di Wajo ; Salah Satunya Akan Hadiri “Ikrar Pelayanan Tanpa Pungli”

Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin

Wajo, MC – Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru akan menjamu kedatangan Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin, di Rumah Jabatan Bupati, Jl Veteran Sengkang, Sabtu (10/12) dini hari nanti.

Kedatangan Menteri di Bumi Lamaddukkelleng ini untuk mengikuti beberapa agenda acara rangkaian peringatan Hari Amal Bhakti ke 71 tingkat Sulawesi Selatan yang dipusatkan di Kabupaten Wajo.

Kasubag Protokol dan Perjalanan Setda Wajo, Sahriani T mengutarakan, Menteri Agama diperkirakan tiba di Rujab Bupati sekitar pukul 03.00 Wita nanti.

Setelah itu (pagi harinya), Menteri bersama Bupati Wajo, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulsel, H. Abd. Wahid Thahir dan rombongan menuju Lapangan Merdeka Sengkang untuk membuka kegiatan Pekan Olah Raga dan Seni (PORSENI) yang dilanjutkan dengan gerak jalan bersama seluruh jajaran Kemenag se Sulawesi Selatan.

Gerak jalan bertajuk “Kerukunan Ummat Beragama” ini mengambil start di Lapangan Merdeka Sengkang menuju Jl Puangrimaggalatung – Jl Jend Sudirman – Jl A Malingkaan – Jl Jawa – Jl Pahlawan – Jl Jend Ahmad Yani dan finish di Lapangan Merdeka Sengkang kembali.

Usai kegiatan itu, kata Sahriani, Menteri kemudian menuju Rujab Bupati untuk rehat sejenak dan melanjutkan kegiatannya Pondok Pesantren As’adiyah yang berlokasi di Jl Pahlawan Sengkang.

“Dikompleks itu, Menteri Agama bersama Bupati Wajo, Kakanwil Kemenag Sulsel dan para Kemenag se Sulsel lainnya mengikuti acara Wisuda Ma’had Aly, Launching E-Santri, dan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW,” jelas Sahriani.

Selain beberapa rangkaian kegiatan tersebut, ulas Ani (sapaan Sahriani), Menteri di Wajo juga diagendakan untuk meresmikan 29 Kantor KUA se-Sulsel  secara simbolis yang dananya bersumber dari dana SBSN di Kantor KUA Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo.

Sekarang ini, terang Sahriani, Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru bersama Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Wajo, Hj Andi Faikah Burhanuddin sedang menjamu kedatangan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulsel bersama rombongan di Rujab Bupati.

Sebelumnya, seperti rilis yang dikutip dari situs Kementerian Agama Sulsel, Kakanwil Kemenag Sulsel mengadakan rapat bersama seluruh Kepala Kemenag se Sulawesi Selatan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wajo.

Dalam rapat, Kakanwil melansir bahwa, Menteri Agama di Wajo nantinya juga akan menyaksikan penandatanganan Ikrar Pelayanan Tanpa Pungli untuk Jajaran Kementerian Agama Sulsel yang akan dilakukan oleh seluruh Pejabat Kementerian Agama se-Sulsel.

“Hal itu dilakukan dalam rangka mendukung dan mengimplementasikan Program Pemerintah Pusat dan Kemenag RI yakni Bebas Pungli dan Pungli itu Haram,” kata Kakanwil dalam rilisnya. (Data diolah dari beberapa sumber)