Besok, KIP – Kemenpora Akan Laksanakan MoU

Jakarta, MC – Komisi Informasi Pusat dan Kementerian Pemuda dan Olah Raga akan melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang Keterbukaan Informasi Publik di Bidang Kepemudaan, Keolahragaan, dan Kepramukaan di Hotel Menara Peninsula Jakarta Barat, Rabu (25/3).

Penandatanganan MoU ini rencananya akan dihadiri langsung oleh para pimpinan kedua lembaga negara termasuk Menpora Imam Nahrawi dan Ketua KI Pusat Abdulhamid Dipopramono.

Menurut Komisioner Bidang Kelembagaan Komisi Informasi Pusat Evy Trisulo, MoU tersebut merupakan salah satu upaya KI Pusat dalam mempercepat pelaksanaan keterbukaan informasi publik di Kemenpora dan badan publik lainnya di bidang kepemudaan, keolahragaan, dan kepramukaan.

“Kami berharap melalui MoU ini badan-badan publik tersebut dapat segera mengimplementasikan perintah-perintah yang ada dalam UU KIP,” ujar Evy seperti dalam rilis yang diterima mediacelebes.com, Selasa, 24/3.

lanjut Evy, sangat siap untuk membantu Kemenpora dan badan publik yang terkait untuk mewujudkan lembaga yang terbuka, transparan, akuntabel, dan memenuhi hak masyarakat untuk memperoleh informasi publik.

Keterbukaan informasi bukanlah sesuatu yang harus ditakuti, karena dalam jangka panjang, justru hal tersebut dapat menguntungkan bagi badan publik. “Jika melaksanakan keterbukaan informasi, secara perlahan pengelolaan organisasi akan semakin profesional dan juga efektif dan efisien,” kata Evy. Hal itu menurutnya karena pengelolaan data dan informasi nantinya akan semakin baik, rapi, lengkap, dan partisipasi masyarakat akan meningkat.

Sebelumnya, Staf Ahli Bidang Informasi dan Komunikasi Kemenpora Amung Ma’mun mengatakan, organisasi-organisasi di bidang keolahragaan, kepemudaan, dan kepramukaan yang dinaungi oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga RI saat ini dinilai belum cukup terbuka kepada publik. Putusan Komisi Informasi Pusat yang memerintahkan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memberikan informasi yang diminta Forum Diskusi Suporter Indonesia (FDSI) 8 Desember 2014 lalu diharapkan dapat menjadi trigger bagi organisasi-organisasi di bidang tersebut untuk melaksanakan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Acara penandatangan MoU tersebut rencananya akan dilakukan pada pukul 09.30 WIB di Hotel Menara Peninsula, Jl. Letjen S. Parman 78, Slipi, Jakarta Barat. Disamping MoU dengan KI Pusat, Kemenpora rencananya akan melakukan penandatangan MoU dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Sumber : Komisi Informasi Publik RI