Besok, Pengurus Karang Taruna Wajo Dikukuhkan

Wajo, MC – Acara pengukuhan pengurus Karang Taruna Kabupaten Wajo masa bakti 2013-2018 rencana akan dihadiri oleh Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, Ketua Karang Taruna Propinsi Sulsel, AM Yagkin Padjalangi dan para pengurus Karang Taruna kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan.

Sedianya, Bupati Wajo A Burhanuddin Unru akan mengukuhkan ratusan pengurus yang dibentuk di Baruga Wecudai Kompleks Rumah Jabatan Bupati Jl Veteran Sengkang, Jumat, 10 Oktober, besok.

Sejauh ini, panitia pelaksana telah mempersiapkan diri, termasuk persiapan yang dilakukan di Kompleks Rumah Adat Atakkae, pemasangan bendera Karang Taruna disepanjang jalan Kota Sengkang dan beberapa persiapan lainnya.

Sebelumnya, Ketua Karang Taruna Kabupaten Wajo Dr Baso Rahmanuddin dalam rapat persiapan pengukuhan mengutarakan, acara yang akan dilaksanakan ini dikemas meriah dan merupakan acara pengukuhan Karang Taruna terbesar yang pernah ada di Sulawesi Selatan.

Menurutnya, Karang Taruna adalah organisasi yang aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan. Oleh itu, pengurus yang dibentuk harus bekerja dengan baik dan penuh semangat untuk bisa mengaktualisasikan kemampuan dalam program kegiatan Karang Taruna kepada masyarakat.

“Jadi, seluruh pengurus setelah pembentukan nantinya harus bisa mengaktualisasikan diri, bekerja dan terlibat langsung dalam kegiatan yang dilaksanakan Karang Taruna,” harap Rahmanuddin.

Untuk diketahui, Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan, terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial sebagaimana yang diatur dalam Pasal 1 angka 1 Peraturan Menteri Sosial (Permenssos) No. 77/HUK/2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna.

(Penulis : Nur Asri, SH)