Besok, PPK Distribusikan Logistik Pilkades di Wajo

“Dari Tahapan Pilkades Serentak 108 di Kabupaten Wajo”

Kepala BPMPDK Wajo, Syamsul Bahri

Wajo, MC – Panitia Pemilihan tingkat Kabupaten (PPK) akan mendistribusikan perlengkapan pemilihan menuju 13 kecamatan yang akan menggelar Pilkades (pemilihan kepala desa), Besok (Rabu, 29/4).

Sedianya logistik yang akan didistribusikan ini terdiri dari : Surat suara sebanyak 168.410 lembar, Kotak suara sebanyak 121 buah, paku, bantalan dan perlengkapan lain yang dibutuhkan dalam Pilkades.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri menjelaskan bahwa distribusi logistik ini dilakukan sehari sebelum hari H Pilkades (Kamis, 30 April 2015).

Perlengkapan pemilihan, sambung Syamsul, akan diantarkan langsung ke tingkat kecamatan untuk kemudian dibagikan kepada para PPKD (Panitia Pemilihan Kepala Desa).

“Nanti PPKD yang membagikan kembali kepada masing-masing Panitia TPS (Panitia Pemungutan Suara) di desanya,” terang Syamsul kepada MEDIA CELEBES, Selasa, 28/4.

Ditambahkan bahwa total pemilih yang terdata secara keseluruhan berjumlah 153.100 orang pemilih untuk 108 desa 13 kecamatan di Wajo. Jumlah itu kemudian ditambah 10 persen sehingga menghasilkan kertas suara sebanyak 163.410 lembar.

“Begitupula dengan jumlah kotak suara, itu menyesuaikan jumlah TPS yang ada dan dibentuk oleh para PPKD dengan tetap mengacuh pada aturan maksimal dua TPS dalam satu desa,” jelas Ancu.

Lebih lanjut Syamsul menjelaskan bahwa untuk masalah pengamanan, khususnya pada hari sebelum dan setelah pencobolan, pemerintah daerah menjalin kerjasama dengan jajaran Kepolisian Resort Wajo (Polres) Wajo dan personil TNI Kodim 1406 Wajo untuk menjaga sektor wilayah masing-masing.

“Pemerintah juga menugaskan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) untuk turun melakukan pengamanan didaerah yang dianggap rawan terjadinya konflik,” pungkas Ancu yang juga mantan Camat Bola ini.

Penulis : Nur Asri