Besok, Putusan MK Dibacakan

Wajo, MC – Besok, 30 Oktober, putusan perkara pemilukada Wajo di Mahkamah Konstitusi (MK) dibacakan di Jakarta.

Berdasarkan informasi, masing-masing pihak pemohon dan termohon sejak kemarin telah berangkat menuju MK.

Bau Salman, Divisi Keuangan dan Logistik KPUD Wajo yang ditemui, Senin 28/10 kemarin, mengaku optimis mempertahankan hasil rapat pleno penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Wajo yang terpilih.

Dikatakan, dalam penyelenggaraan pemilukada, KPUD Wajo telah melaksanakan tugas dengan baik berdasarkan aturan-aturan yang berlaku.

“Kami optimis, gugatan pemohon dimentahkan oleh MK. KPUD Wajo telah melaksanakan tugas dengan baik sebagai penyelenggara pemilu. Beberapa gugatan yang ditujukan kepada kami telah diberi jawaban secara faktual dan telah diserahkan ke-MK untuk selanjut-nya ditindak lanjuti, selain itu, KPUD Wajo juga telah mendapat hasil keterangan dari DKPP,” kata Salman.

Lebih jauh dijelaskan, dalam persidangan, KPUD Wajo di-gugat diantaranya masalah DPT, Dukungan Partai, Klarifikasi berkas C1 dan C6, dan beberapa gugatan lain-nya.

“Hanya saja, dari beberapa gugatan itu, tak satupun yang kami anggap memberatkan sehingga kami berpendapat putusan di MK akan berpihak kepada kami,” pungkas akademisi Ilmu Ekonomi di Wajo ini.

Sementara itu, pihak termohon terkait dalam hal ini pasangan calon (paslon) ASYIK (A Burhanuddin Unru – A Syahrir Kube Dauda) juga optimis mempertahankan kemenangan yang diraih..

Juru bicara pasangan ASYIK, Sumardi Arifin menjelaskan dari beberapa rentetan materi gugatan, tak satupun yang dianggap memberatkan pasangan ASYIK.

“Kalau hakim-nya mau jujur, pasti mereka akan menolak gugatan pemohon. Alasannya, semua sangkaan kesalahan yang ditujukan kepada paslon ASYIK tidak benar dan hanya bersifat asumsi dan pembentukan opini, tidak berdasarkan pembuktian secara jelas,” terang Sumardi. (aci)