Bila berakhir, IAIN Palopo Lanjutkan Sendiri Program USAID PRIORITAS

1 plp Fasilitator Dosen IAIN Palopo sedang berdiskusi saat ToT untuk menjadi fasilitator pelatihan di tingkat sekolah

Sulawesi Selatan, Makassar, – “Apabila pada tahun 2017 program USAID PRIORITAS ini berakhir, IAIN Palopo berkomitmen melanjutkan progam ini bekerjasama dengan Pemda dan Kemenag setempat dengan dana mereka sendiri,” kata Nensilianti, Spesialis Pengembangan LPTK USAID PRIORITAS Sulsel saat dihubungi, baru-baru ini.

Program USAID PRIORITAS merupakan program peningkatan kapasitas pendidikan yang telah mendapatkan banyak apresiasi pemerintah daerah dan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Pemerintah Daerah Mitra seperti Maros, Bantaeng, Wajo dan lain-lain telah banyak melakukan penyebarluasan program pendidikan yang dianggap berkualitas ini ke sekolah-sekolah yang bukan sasaran langsung program USAID PRIORITAS dengan dana mereka sendiri yang diambil dari APBD maupun dari dana gratis.

IAIN Palopo selangkah lebih maju dengan menggagas kerjasama dengan pemerintah daerah dan Kemenag Daerah Palopo untuk meneken MoU melanjutkan program USAID PRIORITAS dengan dana Pemda setelah USAID PRIORITAS berakhir pada tahun 2017. “Pemerintah Daerah Palopo dan Kemenag sudah memberi lampu hijau penandatanganan MoU ini dan semoga bisa ditandatangani dalam waktu dekat,” ujar Nensilianti lebih lanjut .

Oleh karena itu, IAIN Palopo langsung tancap gas dengan membiayai sendiri pelatihan untuk pelatih mencetak fasilitator-fasilitator baru pembelajaran di kota tersebut, kecuali honor fasilitator dan perdiemn dan transport berangkat dan pulang.

Sumber : USAID PRIORITAS