Blokir Pergerakan ISIS, Kominda Maksimalkan Sosialisasi

Wajo, MC – Pergerakan kelompok yang mengatas-namakan ISIS yang saat ini jadi trend topic secara global rupanya ditanggapi pula oleh Pemerintah Kabupaten Wajo.

Pemkab melalui forum Kominda akan memberikan gambaran tentang ISIS melalui sosialisasi langsung kepada masyarakat.

Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi forum Kominda di Ruang rapat pimpinan Kantor Bupati Wajo, Senin 11/8.

Hadir kesempatan itu, Sekda Wajo A Madukelleng Oddang, Ketua DPRD Wajo, Kapolres, Dandim 1406 Wajo, Kepala Kejaksaan Negeri Sengkang dan Pengadilan Negeri Sengkang berikut para pengurus Kominda lain-nya.

Plt Sekda Wajo, A Madukelleng Oddang mengurai bahwa rapat yang dilaksanakan merupakan upaya pencegahan dini terhadap hal-hal yang bisa mengganggu stabilisasi keamanan daerah. Melalui rapat itu, kata Oddang, diharap seluruh pengurus Kominda untuk tetap rapatkan barisan.

“Untuk itu melalui rapat ini pemerintah berharap sosialisasi dilaksanakan agar keamanan dan ketertiban di daerah Wajo tetap terjaga. Untuk selanjut-nya, hasil pertemuan ini akan kami laporkan kepada pimpinan (Bupati Wajo, red),” ulas Oddang.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Linmas Wajo M Yusuf A Baharuddin menjelaskan penanganan masalah organisasi massa, organisasi kepemudaan maupun club-club remaja dimulai dari masalah perizinan.

Untuk mempertegas aturan, kata Yusuf, setiap ada pembentukan organisasi, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sebagai wadah tempat berhimpun-nya organisasi harus mengeluarkan rekomendasi kepada setiap organisasi baru yang ingin bergabung.

“Kesbangpol tidak akan mengeluarkan ijin keramaian atau rekomendasi pelaksanaan kegiatan bilamana KNPI tidak mengeluarkan rekomendasi,” terang Yusuf.

Lebih lanjut, menyinggung masalah Kominda, pemerintah melalui Kesbangpol terus mengupayakan agar tingkat kesejahteraan para pengurus lebih meningkat dari sebelum-nya.

“Upaya itu kami lakukan melalui pengusulan anggaran untuk Kominda di DPRD Wajo, mungkin Ketua DPRD Wajo (HM Yunus Panaungi) bisa menjelaskan upaya yang dilakukan Kesbangpol ini,” terang Yusuf.

Ketua DPRD Wajo HM Yunus Panaungi yang kesempatan itu bertindak selaku moderator mengaku usulan anggaran seperti yang diungkap Kesbangpol telah diterima.

“Untuk Kominda, kami sudah alokasikan penambahan anggaran sebesar Rp300juta. Dan mudah-mudahan bisa bermanfaat kepada para pengurus Kominda dalam menjalan tugas dan tanggung-jawab-nya,” terang Yunus. (Kha)