BPMPDK Wajo : Kepala Desa Jangan “One Man Show”

Banner Head SIPD 1

Syamsul Bahri Kepala BPMPDK Wajo, Syamsul Bahri

Wajo, MC – Para Kepala Desa diminta untuk mengefektifkan kinerja dan memberdayakan perangkat-perangkatnya.

Hal itu menjadi penting untuk menjawab tantangan yang dihadapi oleh para kepala desa dalam menjalankan program dan melaksanakan tugas dan fungsi yang diembang dalam melayani masyarakat.

“Wajibnya seperti itu, kepala desa harus mengaktifkan dan menggerakkan seluruh perangkat-perangkatnya, mulai dari sekretaris desa (sekdes) hingga kepala dusun sekalipun,” ujar Syamsul Bahri, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa/Kelurahan (BPMPDK) Wajo, Senin, 7/9 kemarin.

Dikatakan, pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru tidak ingin pola pemerintahan ditingkat desa seperti sebelum-sebelumnya, one man show, dalam artian bahwa kepala desa jangan bekerja sendiri dan tidak melibatkan perangkat desa-nya.

“Beliau (Bupati Wajo) tidak ingin sistem pemerintahan ditingkat desa laiknya ada suara tidak ada gambar, atau dengan kata lain nama dan jabatan tertulis dipapan struktur tapi tak satupun yang bekerja,” sambung Ancu sapaan Syamsul Bahri.

Lanjut, mantan Camat Bola ini mengutarakan bahwa dalam upaya mengefektifkan tugas dan fungsi perangkat-perangkat desa ini, pemerintah daerah akan melaksanakan pelatihan.

Kegiatan itu bertujuan untuk membekali kepala desa dan para perangkatnya tentang tata cara pengelolaan administrasi, pelaksanaan program, mekanisme pengelolaan anggaran dan beberapa materi lainnya.

“Kegiatan itu menjadi penting agar dalam melaksanakan program kerja di desa dan atau menyelesaikan urusan pemerintahan, kepala desa bersama perangkatnya bisa melaksanakannya dengan baik, berjalan lancar dan tidak alami kendala,” jelas Ancu. (Sponsored)

Editor : Ramadhany Nur

Banner Head SIPD 1