BPMPDK Wajo : Pilkades Serentak Sukses Karena Peran Aktif Camat

Banner Head SIPD 1

Syamsul Bahri - BPMPDK WajoKepala BPMPDK Wajo, Syamsul Bahri

Wajo, MC – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa/Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri mengungkap bahwa keberhasilan pemilihan kepala desa yang dilaksanakan secara serentak untuk 108 desa dari 13 kecamatan di kabupaten Wajo pada bulan April lalu karena peran aktif Camat.

Dia membeberkan bahwa Camat pada proses Pilkades tersebut tergabung dalam Panitia Pemilihan tingkat Kabupaten atau disingkat PPK yang didalamnya terdiri dari beberapa elemen dan dikoordinir secara langsung oleh Sekretaris Daerah (Firdaus Perkesi, red).

“Keberhasilan Pilkades serentak di Wajo tidak terlepas dari peran aktif para Camat, itu karena mereka yang secara langsung melakukan pemantauan dan memfasilitasi panitia pemilihan kepala desa (PPKD) didaerahnya masing-masing selama tahapan Pilkades berlangsung,” ujar Syamsul Bahri saat beri paparan dihadapan rombongan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara di Gedung BBC Sengkang, Kamis, 15/10.

Selain mengungkap keberhasilan para Camat dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang dipercayakan dalam Pilkades, sukses-nya penyelenggaraan demokrasi ditingkat desa tersebut juga didukung oleh lembaga-lembaga penegak hukum dan keamanan di kabupaten Wajo.

“Baik itu dukungan dari TNI, Polri, Kejaksaan dan Pengadilan hingga Satuan Polisi Pamong Praja bersatu dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkades serentak tersebut,” ulas Ancu (sapaan akrab Syamsul Bahri).

Lebih lanjut, mantan Camat Bola ini menuturkan bahwa dalam pelaksanaan tahapan pemilihan, pemerintah daerah melalui PPK melaksanakan uji kompetensi bagi para bakal calon kepala desa. Hal itu bertujuan untuk mengetahui sejauh-mana potensi dan wawasan para bakal calon yang nantinya akan maju dan mencalonkan diri dalam pemilihan.

“Uji kompetensi itu pula menjadi acuan untuk memberikan peringkat/hasil tes tertulis dan wawancara dari para bakal calon untuk kemudian diserahkan kepada masing-masing PPKD (Panitia Pemilihan Kepala Desa) untuk mengugurkan bakal calon yang lebih dari lima pendaftar-nya di desa,” terang Ancu.

Penulis : Nur Asri

Banner Head SIPD 1