BPMPDK Wajo : Serap Dana Desa, Pemda Akan Fasilitasi Kepala Desa

Banner Head SIPD 1

logo-wajo Gambar Logo Kabupaten Wajo

Wajo, MC – Jelang tahap kedua pencairan dana desa, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa/Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri mengimbau kepada para kepala desa agar segera merampungkan RPJMDes (Rencana Panjang Jangka Menengah Desa), RKPDes (Rencana Kerja Pemerintah Desa) dan APBDes (Anggaran Pemerintah dan Belanja Desa).

Meski pemerintah pusat melalui tiga kementerian (Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan) mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) dan memberikan kemudahan kepada para kepala desa melakukan pencairan dana desa, namun untuk menjaga agar pencairan dana disiplin aturan dan tidak memunculkan permasalahan baru, maka kepala desa sebaiknya merampungkan syarat pokok tersebut.

“Pemerintah pusat memang telah memberikan kebijakan, namun akan lebih baik jika kepala desa melengkapi RPJMDes, RKPDes dan APBDes-nya sebelum melakukan pencairan,” ujar Syamsul Bahri, Jumat, 11/9.

Di kabupaten Wajo, lanjut Ancu (sapaan Syamsul Bahri), hampir seluruhnya telah merampungkan berkasnya, itu memang dipacu sejak awal diterbitkannya regulasi pencairan dana desa ini, bahkan dari 128 desa yang ada, 95 persen diantaranya telah melakukan pencairan tahap pertama pada bulan april – mei 2015 lalu.

“Yang tersisa hanya sekitar 10 desa, itupun sementara dalam tahap penyusunan saat ini,” terang Ancu.

Lanjut mantan Camat Bola ini menjelaskan bahwa pemerintah daerah pada kondisi seperti itu akan memfasilitasi para kepala desa, khususnya mereka yang terlambat, pemerintah daerah juga akan mengupayakan agar berkas kepala desa bisa rampung sebelum pencairan dana tahap kedua dimulai.

“Kalaupun tidak, maka para kepala desa diminta untuk membuat surat pernyataan yang isinya menyanggupi untuk segera merampungkan penyusunan RPJMDes, RKPDes dan APBDes-nya setelah pencairan dana dilakukan,” tutur Ancu. (Sponsored)

Penulis : Nur Asri

Banner Head SIPD 1