Bupati Akan Razia Gudang Pupuk

Wajo, MC – Bupati Wajo A Burhanuddin Unru mengungkap kesiapan untuk melakukan razia di-gudang pupuk distributor dan para pengecer yang tedaftar. Rencana-nya, razia itu dilakukan pada bulan suci ramadhan nanti.

Hal itu diungkap Bupati saat beri arahan dalam acara sosialisasi pupuk bersubsidi di Ruang pola Kantor Bupati, Kamis, 26/6.

Menurut-nya, saat ini terjadi kelangkaan pupuk, dimana petani yang sudah siap bercocok tanam kewalahan mendapat suplay pupuk. Oleh itu, Bupati sesalkan distributor yang dianggap-nya kurang konsisten menjaga stabilitas dan ketersediaan pupuk di-wilayah cakupan-nya. Maka-nya, Bupati mengaku akan mengecek langsung gudang-gudang pupuk.

“Saya nilai distributor dan pengecer disini tidak maksimal, kelangkaan pupuk yang dialami masyarakat petani saat ini itu karena ulah distributor, bagaimana memang mendapat stock pupuk bila tidak dikelola dengan modal yang cukup. Padahal, seharus-nya pendistribusi maupun pengecer harus punya modal awal, jangan uang petani yang dikumpul untuk jadi modal kemudian pupuk-nya menyusul. Itu kan tidak benar,” tutur Bupati.

Ditambahkan, menjadi pemimpin rakyat harus tanggung resiko, apapun yang terjadi sepanjang itu untuk kepentingan rakyat. Sama hal-nya distributor dan pengecer, harus siapkan dulu modal dan berani korban materi asal pupuk tetap tersedia.

“Penyaluran pupuk kepada petani kan urusan distributor,tanggung jawab pengecer. Tapi bila distributor-nya mengaku terkendala modal, maka sebaik-nya tugas itu ditangani oleh pemerintah,” terang Burhanuddin. (Kha)