Bupati Instruksikan Camat Perketat “Jam Kantor” di Desa

IMG_20160502_2019099 Kepala BPMPDK Wajo Syamsul Bahri didampingi Camat Penrang, Andi Muh Baso Iqbal B dalam kegiatan Bimtek

Wajo, MC – Untuk mengoptimalkan peran dan fungsi perangkat desa, pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru menginstruksikan para Camat lingkup Pemerintah Kabupaten Wajo untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terkait penegakan disiplin dan peningkatan etos kerja terhadap aparat pemerintah desa.

Instruksi tersebut tertuang dalam surat penyampaian yang dicap dan ditandangani oleh Bupati Wajo berisi tentang penegakan disiplin dan peningkatan etos kerja kaitannya dengan tertib administrasi, jam kantor, dan pakaian seragam.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa/Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri mengungkap hal itu dalam acara Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan tentang Peningkatan Kapasitas Aparat Pemerintah Desa yang dipelopori oleh aparat Pemerintah Kecamatan Penrang, di Kantor Kecamatan Penrang, Doping, Senin 2/5.

“Penegasan itu diinstruksikan oleh Bupati Wajo dan ditindaklanjuti kemudian secara berjenjang kepada Camat untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan ditingkat desa. Beliau (Bupati Wajo, red) menginginkan seluruh perangkat desa bergerak dan berperan aktif membantu kepala desa, serta tidak seperti sebelumnya, ada suara tidak ada gambar. Itu yang diinginkan pemerintah daerah,” ujar Syamsul Bahri disela paparannya.

Lebih lanjut Ketua Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kabupaten Wajo ini menjelaskan, khusus untuk penegakan disiplin administrasi, perangkat desa diminta untuk maksimal membantu kepala desa dalam memberikan pelayanan administrasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

“Begitupula dengan penegakan disiplin waktu dan pakaian seragam agar kepala desa bersama perangkat desa mematuhi jam kerja dan menyesuaikan pakaian seragam Pegawai Negeri Sipil (PNS), tanda kutip, pengenaan tanda pangkat dan jabatan kepala desa bersama perangkat desa tetap merunut pada aturan sebelumnya,” ulas Ancu sapaan Syamsul Bahri.

Camat Penrang, Andi Muh Baso Iqbal B membuka acara tersebut yang dihadiri oleh para Muspika, Kepala Desa, Sekretaris Desa dan para Bendahara Desa lingkup Pemerintah Kecamatan Penrang. (SIPD/K)