Bupati Instruksikan Kades Terpilih Ikut Pembekalan

“Dari Pelantikan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Wajo”

Wajo, MC – Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru mengistruksikan agar para kepala desa yang baru dilantik untuk mengikuti pembekalan. Pembekalan yang dimaksud Bupati untuk menambah wawasan kepala desa terkait tata kelola pemerintahan.

Burhanuddin menilai, diantara kepala desa yang dilantik masih banyak yang belum mendalami visi dan misi pemerintah kabupaten Wajo. Karena itu, pelaksanaan pembekalan bag para kepala desa dianggap penting.

“Masih banyak kepala desa yang belum mendalami visi dan misi pemerintah kabupaten, untuk itu, saya harap para kepala desa untuk mengikuti pembekalan,” ujar Bupati usai melantik dan mengambil sumpah jabatan kepala desa terpilih.

Dalam pembekalan, sambung Bupati, akan diberikan materi terkait tata kelola pemerintahan tingkat desa, pendalaman budaya, adat istiadat dan nilai-nilai keagamaan serta manajemen pengadministrasian.

“Materi-materi itu dianggap penting untuk diketahui oleh para kepala desa yang baru, agar dalam pelaksanaan pemerintahan ditingkat desa bisa berjalan dengan baik dan maksimal,” tutur Bupati.

Tidak itu saja, Bupati juga mengulas tentang penggelontaran dana desa kepada masing-masing kepala desa. Dia menyarankan kepala desa untuk memperketat sistem pengadministrasian dalam penggunaan dana pemerintah.

“Untuk itu dianggap perlu adanya pengawasan dan pendampingan atas pengelolaan dana desa. Hal itu untuk menghindari adanya kesalahan dalam penggunaan dana,” pungkas Burhanuddin.

Lebih lanjut Bupati menerangkan bahwa kedepan tantangan yang dihadapi oleh para kepala desa cukup ketat. Kepala desa dituntut untuk bersikap adil dan menjadi tauladan terhadap masyarakatnya.

“Jangan malah kepala desa yang bersikap arogan dan tidak konsisten melayani masyarakat,” tegas Bupati.

Sekedar diketahui, acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan kepala desa terpilih untuk priode 2015-2021 ini digelar secara meriah oleh pemerintah Kabupaten Wajo.

Masing-masing kepala desa membawa rombongan sehingga kursi yang disiapkan oleh panitia penyelenggara tidak cukup untuk menampung ribuan masyarakat yang hadir dalam pelantikan.

Hadir dalam pelantikan, Wakil Bupati Wajo, A Syahrir Kube Dauda (ASK), Sekretaris Daerah Wajo, Firdaus Perkesi, jajaran Muspida Kabupaten Wajo serta para Anggota DPRD Wajo dan tamu undangan. (aci)