Bupati Lantik Penjabat Kepala Desa Hasil Pemekaran

Banner Head SIPD 1

DSC_03533Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru beri sambutan

Wajo, MC – Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru menegaskan penjabat kepala desa yang baru dilantik-nya untuk segera bekerja.

Bupati dua periode ini menginstruksikan agar penjabat yang direkrut dari unsur pegawai negeri sipil (PNS) dan menduduki jabatan kepala desa non defenitif ini untuk segera menyusun struktur dan mengangkat perangkat-nya di desa.

“Kalau bisa, mulai besok (hari ini, red) kalian sudah harus bekerja, segera bentuk struktur dan lengkapi perangkat-perangkatnya, itu tugas pertama yang harus kalian laksanakan,” ujar Bupati usai meresmikan 14 desa hasil pemekaran di kecamatan Pitumpanua dan Pammana, Sabtu, 24/10 kemarin.

Dijelaskan, selain bertugas untuk menyusun struktur dan mengangkat perangkat-perangkat desa, para penjabat juga memiliki beberapa tugas lain, diantaranya ; melaksanakan pemerintahan dan pelayanan masyarakat, memfasilitasi pembentukan badan permusyawaratan desa (BPD) dan lembaga masyarakat desa (LMD), menyiapkan lokasi perkantoran, memfasilitasi pelaksanaan pemilihan kepala desa dan melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati berdasarkan aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

DSC_03111Suasana pelantikan penjabat kepala desa oleh Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru

“Dan satu yang menjadi catatan dari pelaksanaan tugas penjabat kepala desa ini adalah memberdayakan perangkat-perangkatnya di desa, jangan bekerja sendiri, saya tidak ingin struktur pemerintahan di-desa ada suara tidak ada gambar. Struktur pemerintahan didesa harus aktif dan berjalan dengan baik, jangan semua dikerjakan sendiri oleh kepala desa,” tegas Bupati.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa/Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri menerangkan bahwa penjabat kepala desa yang dilantik dan diangkat tersebut direkrut dari kalangan PNS (pegawai negeri sipil).

Itu, kata Ketua IKAPTK (Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Kepamongprajaan) Kabupaten Wajo ini, berdasarkan aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Masa jabatan penjabat kepala desa ini berakhir hingga terpilihnya kepala desa yang defenitif dan atau yang ditetapkan dengan Keputusan Bupati.

“Jadi bisa saja penjabat kepala desa ini diganti bilamana kinerja-nya kurang memuaskan, pergantian itu dilakukan melalui Keputusan Bupati,” terang Ancu (sapaan Syamsul Bahri). (Sultan)

Berikut Nama Penjabat Kepala Desa yang dilantik :

Kecamatan Pitumpanua :

1. Muh Wasiuddin (Desa Jauh Pandang)
2. Amiruddin, SE (Desa Lacinde)
3. Drs Usman (Desa Bau-Bau)
4. Drs Mase Amal (Desa Buriko)
5. Haeruddin, SH (Desa Ale Lebbae)
6. Irman Jaya (Desa Bulu Siwa)
7. Muhammad Ali (Desa Botto Tengnga)
8. Dra Rosmini (Desa Kalukku)
9. Abdul Saleh, S.Sos (Desa Mattirowalie)
10. Hj Siswati (Desa Maccolliloloe)
11. Mursalim (Desa Lompo Bulue)
12. Toni (Desa Padang Loang)
13. Anwar (Desa Kompong)

Kecamatan Pammana :

1. Serifidayat, SE (Desa Tonrong Tengnga)

Sumber : BPMPDK Wajo

Banner Head SIPD 1