Bupati Pantau Pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Bersih

Wajo, MC – Bupati Wajo A Burhanuddin Unru meninjau lokasi pembangunan instalasi pengolahan air (IPA) di lokasi pembangunan Jl A P Pettarani, eks Rujab Pos dan Giro Wajo, Kamis, 16/10.

Sejauh ini, pembangunan IPA yang menggunakan anggaran sebesar Rp 7.920.000.000,- dari APBN-P 2013 ini dalam tahap pemasangan stand penampungan.
“Pembangunan instalasi ini diproyeksi-kan untuk memenuhi kebutuhan distribusi air dataran rendah, estimasi serapan pelanggan capai 1500rumah tangga,” kata Burhanuddin disela pemantauan-nya.

Selain pembangunan IPA ini, kebutuhan air bersih masyarakat kota Sengkang dan sekitar-nya nanti direncana terbangun di kawasan perbukitan Bulu Cefo’ kecamatan Tanasitolo.

“Penampungan ditempat itu nanti-nya menggunakan metode grativikasi sehingga untuk men-distribusikan kerumah pelanggan tidak lagi di-butuhkan pompa dorong,” terang Burhanuddin.

Sementara Kepala PDAM Wajo, Fakhruddin menjelaskan, pembangunan IPA di Kota Sengkang tersebut bersamaan pekerjaan-nya di kecamatan Pammana, Belawa dan Pitumpanua.

Ditambahkan, pembangunan instalasi di Sengkang ini tidak untuk penambahan pelanggan, akan tetapi berfungsi untuk pemenuhan kapasitas air pelanggan.

“Sehingga kedepan, air ledeng pelanggan sudah bisa terdistribusi setiap hari dengan kapasitas 20liter/detik, beda dengan sebelum-nya jadwal mengalir dua hari sekali,” terang Fakhruddin.(aci)