Bupati Setuju Pembentukan BNK di Wajo

Wajo, MC – Bupati Wajo A Burhanuddin Unru merespon bilamana pemerintah pusat membentuk lembaga Badan Narkotika pada tingkat Kabupaten. Bupati dua periode ini bahkan menyarankankelembagaan BNK (Badan Narkotika Kabupaten) nanti-nya di-lembaga struktural-kan.

Wakil Bupati Wajo, A Syahrir Kube Dauda, mengungkap hal itu saat hadir dalam acara rapat awal Komisi Penanggulangan Aids (KPA) dan Badan Narkotika Kabupaten (BNK)tingkat Kabupaten Wajo, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Setda, Kamis, 3/4.

“Tadi saya ketemu dengan Bupati, beliau sangat merespon dan berharap bilamana kelembagaan BNK dibentuk dan berdiri sendiri di Wajo. Sejauh ini, tindak lanjut narkoba masih ditangani oleh lembaga Kepolisian sehingga untuk penanganan secara kompleks dianggap belum terpenuhi secara maksimal,” terang Syahrir.

Narkoba di Wajo, lanjut Syahrir, harus ditangani secara serius, terlebih tingkat peredaran dan penggunaan barang haram ini masih menempatkan Kabupaten Wajo pada rangking tiga se-Sulawesi Selatan dan tergolong sebagai zona merah.

“Maka-nya, Bupati sangat mendukung bilamana BNK dibentuk di Wajo, beliau ingin Kabupaten Wajo terbebas dari resiko barang haram ini, karena ini menyangkut masa depan generasi muda di Wajo,” pungkas Syahrir.

Sementara, Komandan Distrik Militer (Dandim) 1406 Wajo, Washintong Simanjuntak mengungkap masalah pembentukan lembaga BNK mesti-nya diawali dengan ketersediaan program, sumber daya dan lahan untuk lokasi pembangunan sekretariat BNK.

“Bersediakah Pemkab menyediakan lahan untuk pembangunan sekretariat BNK, sudah adakah program dan sumber daya-nya, bila komponen itu tersedia, maka pemkab sudah bisa mengusul ketingkat pusat. Tempo hari, pihak kepolisian sudah menunjuk perwira yang akan ditugaskan nanti di BNK, hanya saja Pemkab kala itu belum melakukan eksen. Sementara, permasalahan narkoba di Wajo sudah menjadi persoalan nasional setelah berada di posisi rangking satu, kemudian turun menjadi dua dan tiga, maka-nya hadirnya BNK sangat diperlukan, ” jelas Washintong. (aci)