Bupati Silaturahmi KKSS Batam, Gubernur Syahrul Titip Salam

2016-06-01 16.00.15Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru serahkan piagam kepada Ketua KKSS Batam H Permata

Batam, MC – Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo menitip salam kepada perantau Bugis – Makassar Batam Kepulauan Riau.

Pesan itu disampaikan Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru saat hadir dalam acara silaturahmi Pemerintah Daerah Wajo dengan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) yang merantau diperbatasan Indonesia – Singapura tersebut.

“Sebelum hadir ditempat ini, saya ijin kepada Gubernur, beliau sampaikan salam dan permohonan maaf karena tidak bisa hadir bersama dalam acara ini. Begitu pesan beliau,” ujar Bupati saat beri sambutan dihadapan warga Bugis – Makassar yang hadir dalam silaturahmi.

Bupati menambahkan, keturunan Bugis – Makassar adalah keturunan kaum perantau yang bebas dimanapun dan kemanapun ia kehendaki mencari nafkah.

Karakter itu bahkan temurun temurun dan diwariskan oleh para leluhur orang Bugis – Makassar sejak dulu hingga saat ini.

“Jadi jangan heran jika hampir semua daerah, baik di Indonesia maupun diluar negeri kita temukan orang Bugis – Makassar. Itu sudah menjadi turunan dan mengalir dalam jiwanya” terang Bupati.

Lanjut Bupati dua periode di Wajo ini mengisahkan orang Bugis – Makassar senang merantau. Ia paparkan tiga tahap migrasi orang Bugis – Makassar.

Tahap pertama menurut Bupati karena terjadinya pertentangan raja Bugis – Makassar terhadap penjajahan Belanda sehingga mereka memilih merantau dan menyatukan kekuatan serta berasilimilasi dengan kelompok lain diperantauan.

Tahap kedua adalah kondisi keamanan waktu itu didaerah sulawesi tidak mendukung sehingga mereka memilih merantau dan mencari nafkah ditempat lain.

“Dan tahap ketiga karena kondisi keamanan pada zaman kekacauan membuat warga Bugis – Makassar bermigrasi kedaerah lain dan mencari rejeki diperantauan,” jelas Bupati.

Namun demikian, karena ketekunan, kegigihan dan konsistensi yang dimiliki, banyak orang Sulawesi yang menuai keberhasilan.

“Bahkan, tak sedikit diantaranya ada yang menjadi pemimpin, seperti halnya di Batam ini,” pungkas Bupati.

Kegiatan silaturahmi ini dihadiri oleh Ketua DPRD Wajo HM Yunus Panaungi, Ketua TP PKK Wajo Ibu Hj Andi Faikah Burhanuddin serta para Kepala SKPD yang ikut dalam rombongan Bupati.

Hadir pula diantaranya Ketua KKSS H Permata, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Ibnu Sina Batam H Ibrahim serta para pengurus KKSS se Kota Batam.

Acara digelar disalahsatu aula pertemuan kawasan Hotel Golden View Batam, Selasa 31/5. (Red/MC)