Bupati Tegaskan Syahbandar Kedepankan Sistem Keselamatan

Copy-of-DSC_2350-432x300 Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru

Wajo, MC – Musibah yang menimpa 118 penumpang KM Marina Baru 2B, Sabtu (19/12) lalu diharap menjadi lampu hati-hati bagi syahbandar pelabuhan. Pelaksana transportasi laut ini diminta untuk tetap kedepankan keselamatan penumpang dan sistem keamanan sebelum pelayaran dilakukan.

“Kejadian itu menjadi catatan penting bagi syahbandar, selaku pemerintah daerah, kami tegaskan untuk kedepankan keselamatan jiwa penumpang dan memperhatikan sistem pendukung keselamatan sebelum melakukan pelayaran,” ujar Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru kepada wartawan saat berkunjung di Pelabuhan Bangsalae Siwa Kecamatan Pitumpanua, akhir pekan lalu (Sabtu, 26/12).

Dijelaskan, musibah yang menimpa ratusan penumpang Marina Baru beberapa waktu lalu tidak terpisahkan dari faktor alam, dimana saat berlayar kapal cepat ini dihantam ombak ditengah laut sehingga tenggelam dan mengakibatkan penumpang bersama awak kapal terdampar dilaut lepas.

“Kejadian itu patut menjadi pelajaran keras untuk melakukan antisipasi, mencermati kondisi cuaca dan tidak melanggar protap yang ditentukan sebelum melakukan pelayaran. Tak dipungkiri bahwa semua adalah kehendak-Nya dan merupakan musibah, tapi hal itu jangan sama sekali membuat sistem keselamatan dan keamanan dalam pelayaran terabaikan,” tegas Bupati. (aci)