Bupati Wajo Akan Tertibkan Kelompok Tani Abal-Abal

DSC_1830aBupati Wajo Andi Burhanuddin Unru

Wajo, MC – Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo akan melakukan penertiban terhadap kelompok tani yang belakangan diketahui struktur kelembagaannya tidak terdaftar pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Penertiban itu menindak lanjuti maraknya kelompok tani yang terkesan abal-abal serta tidak memenuhi syarat dan persyaratan dalam pembentukan lembaga atau kelompok.

“Sekarang ini banyak kelompok tani yang terbentuk, namun kelembagaannya tidak memenuhi syarat serta tidak disertai dengan akte pendirian. Bahkan struktur keanggotaannya masih dalam satu hubungan keluarga. Suaminya ketua, anaknya sekretaris dan istrinya bendahara, ini yang banyak terjadi. Oleh itu saya akan lakukan penertiban,” ujar Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru dalam dialog jelang buka puasa di Kecamatan Penrang, Kamis, 23/6.

Selain itu, penertiban juga  dilakukan setelah banyak oknum terlibat dalam sistem kepengurusan lebih dari satu kelompok dan terkesan memonopoli bantuan pertanian yang disalurkan oleh pemerintah.

“Tahun ini dapat bantuan, tahun berikutnya dapat lagi, itu karena mudahnya membentuk kelompok tani. Padahal, pemerintah menginginkan bantuan pertanian bisa merata dan tidak hanya diperuntukkan bagi sebahagian kelompok saja, itu makanya saya mau lakukan penertiban agar bantuan pemerintah dapat tersalur maksimal dan merata kepada semua kelompok tani,” papar Bupati. (Aci)