Bupati Wajo Bantu 97 KK Korban Puting Beliung di Sabbangparu

Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru serahkan bantuan kepada warga korban angin puting beliung

Wajo, MC – Sebanyak 97 kepala keluarga yang sebelumnya mengalami musibah dampak angin puting beliung pada 5 desa di kecamatan Sabbangparu mendapat bantuan dari pemerintah daerah kabupaten Wajo.

Bantuan yang diterima berupa dana perbaikan rumah masing-masing Rp 3 juta untuk rusak berat,  Rp 2 juta rusak sedang dan Rp 1 juta rusak ringan.

Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru menyerahkan bantuan tersebut kepada para korban di aula kantor kecamatan Sabbangparu, Minggu 28 Januari 2018.

Kepada warga Bupati mengungkap bahwa bantuan yang diserahkan sepenuhnya untuk meringankan beban keluarga yang terdampak bencana.

Menurutnya, musibah yang terjadi bukan merupakan kesengajaan ataupun karena kelalaian manusia (human error, red), akan tetapi kerusakan yang dialami warga oleh karena perubahan kondisi alam yang sama sekali diluar keterbatasan manusia untuk menangkalnya.

Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru didampingi Camat Pammana Andi Sumangerukka serahkan bantuan kepada korban kebakaran

“Musibah adalah kehendak dan cobaan dari Sang Pencipta, oleh itu diimbau kepada warga untuk tetap bersabar. Saya juga menyampaikan permohonan maaf karena saat kejadian tidak sempat hadir mengunjungi karena menjalani perawatan kesehatan kala itu. Namun kami berharap bantuan yang diserahkan ini bisa meringankan beban warga dan dipergunakan sebaik mungkin”, ujar Bupati kepada warga.

Hadir mendampingi Bupati, Kepala Dinas Sosial Andi Ismirar Sentosa, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Alamsyah HN, Kepala Dinas PMD Syamsul Bahri dan Plt Camat Sabbangparu Tusman.

Terpisah melalui ponselnya, Kepala BPBD Wajo, Alamsyah HN merilis musibah yang terjadi dalam dua bulan terakhir di kabupaten Wajo diantaranya ; musibah angin kencang (puting beliung) dengan potensi rusak berat, sedang dan ringan sebanyak 97 unit rumah dikecamatan Savbangparu, 3 unit rumah kebakaran di kecamatan Pammana, 1 unit rumah dan 1 korban jiwa akibat kebakaran, serta 2 korban jiwa tertimpa pohon tumbang masing-masing di kecamatan Tanasitolo.

Usai menyerahkan bantuan kepada korban angin puting beliung di Sabbangparu, Bupati bersama rombongan menuju kecamatan Pammana untuk memenuhi undangan hajatan kepala desa setempat sekaligus menyerahkan bantuan kepada warga yang rumahnya dilalap si jago merah.

Dua KK mendapat bantuan kerusakan berat dan 1 KK bantuan kerusakan ringan. (MC)