Bupati Wajo Cek Pekerjaan Sambungan Jargas

Wajo, MC – Bupati Wajo A Burhanuddin Unru memantau pekerjaan konversi gas rumah tangga di kompleks perumahan Desa Lempa, Kecamatan Pammana, Senin 23/12.

Ditempat itu, Bupati menyalakan kompor gas warga yang siap pakai dan menyaksikan secara langsung penyambungan pipa berikut mengamati kilometer gas yang sudah terpasang dirumah warga.

“Kompor ini sudah bisa digunakan ya, coba saya cek dulu ,” kata Bupati sambil menyala-kan kompor warga yang sudah tersambung jaringan gas.

Usai melakukan pengetesan, Bupati kemudian mengorek informasi terkait pekerjaan sambungan kepada pihak pelaksana.

“Kalau menggunakan jaringan gas ini, setiap bulan-nya warga harus membayar berapa, apa tidak mahal dibanding bila warga menggunakan gas elpiji ?,” tanya Bupati kepada Purwanto salah seorang penanggung jawab pemasangan di-lokasi.

Purwanto yang juga adalah pihak kontraktor pelaksana mengutarakan bahwa penggunaan gas konversi ini lebih murah dibanding memakai gas elpiji.

Menurut-nya, tiap kubik-nya, warga hanya dibebankan pembayaran sebesar Rp3.400/kubik bagi warga berpenghasilan menengah kebawah dan Rp3800/kubik bagi mereka yang berpenghasil menengah keatas.

“Sehingga, bila diperkirakan, masing-masing pelanggan hanya membutuhkan dana sebesar Rp50ribu-Rp60ribu perbulan. Beda dan lebih murah dibanding jika warga membeli elpiji yang mencapai ratusan ribu pertabung,” jelas Purwanto kepada Bupati.

Sementara itu, Humas BUMD PT Wajo Energy Jaya, Parawangsa SE menjelaskan bahwa dari 4.172 sambungan yang terdaftar, pekerjaan sambungan sudah rampung sebanyak 537 kompor.

“Bagi warga yang sudah disambungkan, sudah bisa menggunakan jaringan ini, sedangkan untuk yang lain-nya diminta bersabar dulu karena sementara dalam pekerjaan,” terang Parawangsa.(aci)