Bupati Wajo Imbau Para Camat Kawal dan Amankan Pilkades

“Dari Tahapan Pilkades Serentak 108 Desa di Kabupaten Wajo”

Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru bersama Wakil Bupati Wajo, Andi Syahrir Kube Dauda

Wajo, MC – Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru menginstruksikan seluruh Camat, Penjabat Kepala Desa dan elemen pemerintahan terkait untuk mengawal dan mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Wajo.

Orang nomor wahid di Wajo ini berharap, pelaksanaan pesta demokrasi yang akan digelar secara serentak di 108 desa 13 kecamatan, Kamis, 30 April 2015 mendatang ini berjalan dengan tertib, aman dan lancar tanpa adanya konflik vertikal dan horizontal.

“Demikian petunjuk Bupati melalui surat edaran (SE) yang dibagikan kepada para Camat. Beliau menginstruksikan hal itu agar Pilkades di Wajo bisa terlaksana dengan baik dan lancar,” terang Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri kepada MEDIA CELEBES, Selasa, 21/4.

Ditambahkan, selain Camat berikut perangkat-perangkatnya, Bupati juga mengimbau jajaran Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan) untuk bersinergi dengan pemerintah dalam mengawal pelaksanaan Pilkades ini.

“Hal ini menjadi perhatian Bupati agar Pilkades yang dilaksanakan lebih berkualitas dan tetap dalam suasana kondusif. Beliau menilai, peran Camat berikut para Muspika dalam hal ini menjadi penting karena merupakan lembaga yang bertanggungjawab atas keamanan dan ketertiban masyarakat dalam wilayah pemerintahannya,” tandas Syamsul Bahri.

Untuk diketahui, pelaksanaan tahapan Pilkades serentak di Kabupaten Wajo hingga kini telah memasuki tahap pencalonan, masing-masing desa yang akan mengikuti Pilkades telah memiliki calon untuk nantinya dipilih oleh masyarakat.

Sebanyak 323 Bakal Calon ditetapkan sebagai Calon Kepala Desa melalui rapat pleno penetapan oleh masing-masing Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD). Para Calon ini akan bersaing dan memperebutkan 108 kuota kursi Kepala Desa yang disiapkan oleh Pemerintah.

Penulis : Nur Asri