Bupati Wajo : “Kita Akan Kembalikan “Ummul Qura Sengkang” Pada Bentuk Awal

Pemkab Siapkan Anggaran Renovasi Rp20 Milyar

Wajo, MC – Pemerintah Kabupaten Wajo akan kembalikan mesjid raya Ummul Qura Sengkang seperti bentuk awal-nya. Bupati Wajo A Burhanuddin Unru optimis setelah renovasi nanti, mesjid yang terluas di Sulsel ini akan menjadi mesjid terindah yang ada di Sulsel.

Bupati dua periode di Wajo ini mengungkap, anggaran yang disiapkan untuk renovasi mesjid ini capai Rp20milyar lebih meliputi renovasi bentuk/model, sound system, mimbar, lantai, pagar dan menara.

“Insya Allah, mesjid ini akan dikembalikan pada bentuk awal-nya, mimbar-nya diperbaiki begitupula sound system-nya, lantai diangkat kemudian diganti dengan tegel mewah dan menara-nya akan dipindah-kan masuk dalam lokasi mesjid. Rencana-nya, menara itu akan sama dengan menara mesjid raya Makassar,” ungkap Bupati saat mengikuti shalat tarwih berjamaah di Mesjid Ummul Qura Sengkang, Rabu, 9/7.

Awal-nya, lanjut Bupati, diri-nya berniat untuk membangun mesjid ditempat lain. Namun, karena pertimbangan historis, maka mesjid yang batu pertama-nya diletakkan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 12-12-1952 ini hanya direnovasi dan dipercantik ulang.

“Mudah-mudahan pekerjaan renovasi mesjid ini berjalan lancar hingga rampung, dan Insya Allah, saya akan menjadikan mesjid raya Ummul Qura Sengkang ini menjadi mesjid terindah di Indonesia Timur,” pungkas Burhanuddin.

Ditambahkan, selain anggaran yang disiapkan dari Pemkab, Bupati mengaku akan memberikan bantuan secara pribadi untuk renovasi mesjid. Dia menyanggupi untuk menanggung biaya renovasi untuk pintu gerbang mesjid Ummul Qura.

Selain itu, Bupati juga mengutarakan bahwa, istri-nya, Hj A Faikah Burhanuddin juga berpartisipasi memberikan bantuan renovasi mesjid berupa lampu hias gantung seharga Rp65juta.

“Alhamdulliah, mudah-mudah apa yang menjadi perhatian kami ini mendapat rahmat di-sisi Allah SWT. Dan semoga setelah semua rampung, jemaah mesjid ini bertambah ramai dari sebelum-nya,” tutur Burhanuddin. (aci)