Bupati Wajo Kritik Pendamping Desa

Bupati Wajo 19 Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru

Wajo, MC – Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru mengaku tidak respek terhadap pendampingan yang dilakukan ditingkat desa.

Itu, kata Bupati, hanya akan mengganggu pemerintah dan masyarakat dalam melaksanakan program kerja pembangunan serta pemberdayaan seperti yang diamanahkan dalam undang-undang.

“Saya tidak setuju dengan adanya pendampingan, itu sama halnya mengekori pemerintah dan masyarakat desa dalam melaksanakan program kerjanya. Terlebih, jika pendampingan yang dilakukan itu hanya untuk mengintervensi, itu lebih salah lagi,” ujar Bupati menyikapi aspirasi warga dalam acara dialog jelang Buka Puasa bersama di Kecamatan Penrang, Selasa, 28/6.

Bupati dua periode ini menuturkan, dalam penyusunan dan perumusan program, pemerintah dan masyarakat sebaiknya melakukan rembug. Melalui rembug itu kemudian akan lahir sebuah program kerja yang disepakati nantinya untuk dilaksanakan ditingkat desa.

“Akan lebih baik jika pemerintah dan masyarakat melakukan rembug, bila perlu hadirkan pemerintah kecamatan dalam kegiatan itu, agar program yang disepakati bisa terlaksana dengan baik dan lancar. Tidak perlu ada pendampingan, agar pemerintah dan masyarakat bisa berinovasi dan berkreasi sendiri membangun daerahnya,” papar Bupati. (Aci)