Bupati Wajo Kukuhkan Pengurus KEMAWA Lutim

Lutim, MC – Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru mengukuhkan pengurus Kesatuan Masyarakat Wajo (Kemawa) kabupaten Luwu Timur Periode 2016 – 2021, di Gedung GOR (gelanggang olah raga), Malili, kabupaten Lutim, Sabtu (28 Januari 2017).

Acara ini digelar dalam pagelaran seni bertajuk “Siwenni Ri Tana Ogi”, yang menampilkan berbagai pentasan seni kecapi, lagu daerah, tarian kolosal dan kolaborasi seni yang dibawakan oleh para istri Camat se kabupaten Wajo.

Bupati Lutim, Ir Muh Thoriq Husler, Ketua dan Wakil DPRD Lutim serta ribuan masyarakat asal dan keturunan masyarakat Wajo hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Husler mengungkap rasa bangga dan berterima kasih kepada Bupati Wajo atas kunjungannya di Bumi Batara Guru Lutim.

Ia membeberkan bahwa masyarakat Wajo yang bertempat tinggal di Lutim sekitar 40 ribuan jiwa, dan mereka aktif sebagai penggiat perekonomian, baik pada sektor perdagangan, sektor pertanian bahkan selaku abdi negara (ASN).

Menurutnya, Lutim dan Wajo adalah satu kesatuan tidak terpisahkan dan rumpun kekerabatannya terjalin sejak dahulu.

Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru saat mengukuhkan pengurus Kemawa kabupaten Lutim (Foto : Kha/MC)

“Kunjungan Bupati Wajo ini semakin mengokohkan hubungan Lutim dan Wajo sebagai satu rumpun keluarga. Oleh hubungan itu sehingga banyak orang Wajo menetap di Lutim, berkeluarga dan bekerja didaerah ini, bahkan ada yang menjabat sebagai Camat”, papar Husler.

Senada dengan Husler, Bupati Wajo juga mengungkap kekerabatan Lutim dan Wajo terjalin sejak dulu dan diwariskan oleh para leluhur. Hubungan itu direkatkan melalui status perkawinan para raja.

Burhanuddin Unru juga memaparkan fase keimigrasian orang Wajo sehingga tersebar di berbagai daerah, baik dalam maupun diluar negeri.

Menurutnya, Orang Wajo adalah perantau, dan mereka ingin merdeka dan bebas mencari rejeki, dimanapun ia berpijak, termasuk di tana Lutim.

Diakhir acara, Bupati Lutim bersama istri (Ketua TP PKK Lutim) menambah kemeriahan acara dengan mendendangkan lagu favoritnya. (SIPD)