Bupati Wajo : Pemkab Tetap Fokus Pertanian

Wajo, MC – Eksistensi pemerintah kabupaten Wajo dalam meningkatkan bidang pertanian dipertegas kembali oleh Bupati Wajo A Burhanuddin Unru. Dalam sebuah acara Manre Sipulung (acara adat) di Kecamatan Sajoanging, Bupati dua periode ini kembali mengungkap kesiapannya untuk tetap fokus pada bidang pertanian.

“Pemerintah tetap fokus pada bidang pertanian, kita akan lanjutkan visi dan misi pembangunan pertanian sama seperti periode sebelumnya. dan Insya Allah, hingga akhir periode mendatang, pertanian tetap menjadi perhatian penting pemerintah Kabupaten Wajo,” ungkap Bupati, Selasa, 1/4 kemarin.

Pertanian, ulas Bupati, adalah faktor pemicu peningkatan ekonomi masyarakat Wajo, dimana hampir 80 persen penduduk-nya bekerja dan menggantungkan hidup pada sektor pertanian.

“Bila pertanian meningkat, produksi panen berhasil, maka dengan sendirinya pendapatan masyarakat ikut meningkat dan pasti akan berefek pada sektor lain,” terang Bupati.

Camat Sajoanging, Asriati Manaungi dalam laporannya menjelaskan bahwa produksi panen petani di Kecamatan Sajoanging pada musim tanam tahun ini mencapai 14.575 ton dari total lahan seluas 2915 hektare.

Pencapaian produksi itu, ungkap Asriati setelah terealisasinya sarana pendukung produksi pertanian berupa peralatan pompanisasi dan handtractor oleh Pemerintah Kabupaten Wajo.

“Disamping itu, keberhasilan produksi juga didukung dengan terlaksananya program percetakan sawah dan embung-embung serta perintisan jalan-jalan tani di Kecamatan Sajoanging,” terang Asriati. (aci)