Bupati Wajo : Pendapatan Masyarakat Jangan Stagnan

Disadur dari Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Wajo

Wajo, MC – Bupati Wajo A Burhanuddin Unru memotivasi masyarakat untuk lebih giat bekerja dan berpenghasilan, Dia berharap pendapatan masyarakat lebih meningkat dari sebelum-nya dan tidak dalam alami stagnasi.

Mantan Sekda Wajo ini menginginkan pendapatan masyarakat dari Rp18juta perkapita naik menjadi Rp30juta perkapita hingga akhir periode kepemimpinan-nya nanti.

Oleh itu, kata Bupati, untuk meninggalkan stagnasi pendapatan, masyarakat diajak lebih kreatif dan terdorong untuk mencari sumber pendapatan lain selain pendapatan dari pekerjaan tetap-nya.

“Kita ingin masyarakat lebih kreatif, memanfaatkan peluang dan potensi yang dimiliki. Pendapatan masyarakat tidak boleh stagnasi,” ungkap Burhanuddin saat beri sambutan dalam acara Safari Ramadhan di Kecamatan Penrang, Kamis 3/7.

Bupati mencontohkan, Seorang petani dengan pekerjaan tetap-nya mengolah lahan dan bercocok tanam, sebaik-nya memanfaatkan waktu luang untuk mencari pekerjaan sampingan. Misal-kan, mengolah buah pepaya menjadi sabun.

“Pekerjaan pengolahan pepaya menjadi sabun itu bisa dilakukan dirumah, bahan dasar-nya bisa ditanam dipekarangan rumah. Hasil-nya nanti bisa menjadi tambahan pendapatan masyarakat selain pendapatan tetap-nya sebagai seorang petani,” jelas Burhanuddin.

Sejauh ini, lanjut Bupati, pemerintah akan menggalakkan program industri rumah tangga. Pengolahan buah pepaya menjadi sabun itu sangat mudah dan menjanjikan pendapatan yang cukup lumayan.

“Untuk itu pemerintah akan memaksimalkan program ini, pemerintah akan menyiapkan bibit dan modal usaha. Selain itu cara pengolahan-nya nanti akan dibimbing langsung oleh Tim Penggerak PKK dan Majelis Taqlim,” pungkas Burhanuddin. (aci)