Bupati Wajo Sarankan Camat dan Lurah Tiru Eksen “Jokowi”

Wajo, MC – Bupati Wajo A Burhanuddin Unru menyarankan Camat dan Lurah (Kepala Kelurahan) meniru eksen/gaya Presiden ke tujuh RI, Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, eksen yang dibawa oleh mantan Gubernur DKI Jakarta ini patut menjadi contoh, karena seperti itulah sejatinya bawaan seorang pejabat, utamanya ditingkatan pemerintah kecamatan dan kelurahan.

“Camat dan Lurah sebaiknya meniru gaya Jokowi, harus rajin turun dan bersentuhan langsung dengan masyarakat, menyelesaikan permasalahan dan memberikan edukasi kepada masyarakat,” pungkas Bupati, di Sengkang, Selasa, 28/10.

Saran Bupati ini diungkapnya sebagai bentuk motivasi bagi Camat dan Lurah yang dinilainya kurang tegas menangani masalah kebersihan di Kota Sengkang.

“Tadi saya sempat tegur pemilik kios di terminal Callaccu, itu karena mereka kurang peduli akan kebersihan lingkungan sekitar mereka, sampah berserakan dan selokan hampir penuh dengan sampah dan kelihatannya mereka tidak sadar akan hal itu,” ungkap Bupati.

Sebenarnya, lanjut mantan Camat Tempe ini, menyadarkan masyarakat untuk peduli akan kebersihan lingkungan sekitarnya adalah tugas Camat dan Lurah. Dinas terkait dalam hal akan mensupport agar kebersihan itu bisa terwujud.

“Namun, jika Camat dan Lurah tidak proaktif melakukan penyadaran kepada masyarakat, bagaimana kebersihan bisa terwujud. Begitupula sebaliknya, bila semua masalah dibebankan kepada pemerintah tanpa adanya partisipasi balik dari masyarakat, yakin apa yang kita harapkan bersama akan sulit tercapai, meskipun itu adalah untuk kepentingan masyarakat sendiri,” tegas Bupati.

(Penulis : Nur Asri)