Bupati Wajo Sebut Makam Turunan Wali Songo Ada di Tosora

Safari Bupati WajoBupati Wajo, A Burhanuddin Unru

Wajo, MC – Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru mengungkap kemungkinan adanya garis sejarah dan turunan wali songo (wali sembilan) dengan pemuka agama islam di Kabupaten Wajo.

Itu, kata Bupati, dapat tersirat dari beberapa pendapat dan hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa ulama tentang adanya garis sejarah dan turunan wali songo yang disemayamkan di salah satu perkuburan islam di Wajo, tepatnya di desa Tosora Kecamatan Majauleng.

“Beberapa ulama telah melakukan penelitian tentang hal tersebut, dan mereka berpendapat bahwa makam yang ada di Tosora kecamatan Majauleng adalah turunan wali songo,” ujar Bupati disela acara peresmian pondok pesantren Abubakar As-shiddiq Ana’banua, Kecamatan Maniangpajo, Sabtu, 14/11.

Kemungkinan itu, kata Bupati, dipertegas dengan berdirinya pusat pendidikan islam di Wajo, seperti salah satunya pondok pesantren As’asiyah yang kini telah mencetak ribuan kyai dan santri dari seluruh pelosok negeri ini.

Pondok pensantren As”adiyah ini sendiri didirikan oleh Kyai Haji (KH) M As’ad dan kemudian diteruskan oleh para pemuka agama islam lainnya seperti Anre Gurutta (AG) Yunus Martang dan anak-nya AG Rafi Yunus Martang.

“Itu semua menjadi pertimbangan dalam penelitian yang dilakukan oleh para ulama. Pemerintah ingin memastikan garis sejarah tersebut untuk nantinya dijadikan sebagai referensi kepada para penerus islam di Kabupaten Wajo,” pungkas Burhanuddin.

Penulis : Nur Asri