Bupati Wajo Serahkan Bantuan Kepada 269 Santri As’adiyah

Bupati Wajo A Burhanuddin UnruBupati Wajo, A Burhanuddin Unru

Wajo, MC – Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru menyerahkan bantuan kepada 269 santri dan santriwati korban dampak kebakaran yang terjadi di pondok pesantren As’adiyah Sengkang, Selasa dini hari (13/10) lalu.

Bantuan itu diserahkan langsung oleh Bupati dilokasi kejadian, Pondok Pesantren As’adiyah, Jl Veteran Sengkang, Sabtu, 17/10.

Kepala Bidang Kesetiakawanan Sosial, Dinsostransnaker (Dinas Sosial, Transmigrasi dan Tenaga Kerja) Wajo, H Sahrang mengungkap bantuan yang diserahkan Bupati diantaranya ; kitab pesantren, pakaian seragam, alat tulis menulis, sarung dan bantal serta bantuan uang makan sebesar Rp 140ribu kepada para santri.

Bupati kesempatan itu juga menyerahkan bantuan kepada pembina dan pengelola asrama masing-masing sebesar Rp 1juta serta bantuan kepada salah seorang warga yang bernama Burhanuddin (50) sebesar Rp 3juta.

“Total bantuan yang diserahkan berjumlah Rp 204juta lebih. Anggaran tersebut diperoleh dari pos anggaran pemerintah dan belanja daerah (APBD) tahun 2015,” jelas Sahrang.

Seperti diketahui, kebakaran yang menghancurkan tiga unit asrama putri dan satu unit asrama putra di pusat pendidikan islam Bumi Lamadukelleng ini berawal dari rumah milik Burhanuddin yang kebetulan dalam keadaan kosong.

Sejumlah saksi menerangkan bahwa api terlihat mulai menyulut dari sudut sebelah barat milik Burhanuddin dan kemudian menjalar ke asrama santri.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan pasti yang diperoleh terkait penyebab kebakaran, namun Bupati disela penyerahan berusaha tenangkan warga.

“Biasanya, kebakaran terjadi karena kelalaian manusia sendiri,” kata Bupati. (aci)