Bupati Wajo : Sesama PNS Jangan Saling Sikut

Penandatangan berita acara pelantikanSuasana pelantikan pejabat struktural lingkup Pemkab Wajo

Wajo, MC – Jika arang tak melintang, pertengahan bulan januari 2016 mendatang, Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru akan mengumpul seluruh PNS (pegawai negeri sipil) se Kabupaten Wajo, tanpa kecuali.

Sedianya, pemerintah akan menggelar apel akbar dan mengecek secara langsung keseragaman pakaian dinas berikut atribut (kelengkapan pakaian dinas) sesuai dengan pangkat dan golongan masing-masing PNS.

Apel akbar ini akan digelar di Lapangan Merdeka Sengkang.

“Semua harus ikut dalam apel akbar itu, tanpa kecuali, bahkan itu dari kalangan guru sekalipun,” ujar Bupati usai melantik 28 pejabat struktural eselon III dan IV lingkup Pemkab Wajo di Ruang kerjanya, Jumat, 18/12.

Dijelaskan, selain untuk mengecek keseragaman pakaian dan atribut PNS, pelaksanaan apel akbar juga dijadikan sebagai moment bagi pegawai untuk eratkan silaturahmi, menggalang kebersamaan, memupuk rasa saling memiliki, saling melindungi dan saling menjaga harkat dan martabat serta wibawa pegawai negeri sipil.

“Jangan seperti saat ini, pegawai negeri sipil rapuh, sangat rapuh. Sesama pegawai saling sikut, sesama pegawai saling mencari celah kesalahan. Belum pegawai yang terseret dalam politik praktis dengan iming-iming jabatan sehingga dengan sengaja menebar virus dan mengganggu kinerja pegawai lainnya, kondisi ini semua yang mengakibatkan kondisi PNS rapuh,” jelas Bupati.

Lanjut dipaparkan, padahal jika ditelaah dengan baik, seharusnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) membentuk diri dalam satu kesatuan yang kokoh, pegawai yang satu dengan lainnya saling mendukung. Bahkan ketika hadapi masalah sekalipun, PNS harus bersatu padu menghadapi tantangan.

“Satu yang dicubit, semua merasakan, seharusnya seperti itu. Tapi, yang terjadi sekarang ini, PNS malah saling menjelekkan, mencari kesalahan, lapor kiri-kanan dan mencari celah untuk menjatuhkan rekannya sendiri. Ini yang paling saya tidak suka,” hentak Bupati dengan nada tinggi. (aci)